Berikut Ini Pengertian, Fungsi, Tugas Dan Wewenang Pemerintah Daerah

Pengertian pemerintah daerah adalah penyelenggara urusan pemerintah oleh pemerintah Daerah dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) menurut asas otonomi serta tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagaimana dimaksud dalam UUD (Undang Undang Dasar) tahun 1945.

Pada dasarnya pemerintah daerah ini terbagi menjadi dua yakni pemerintah daerah provinsi dan pemerintahan daerah kabupaten atau kota. Dimana keduanya terdiri dari DPRD dibantu oleh perangkat daerah.

Fungsi pemerintahan daerah

Fungsi pemerintahan daerah ini dapat diartikan sebagai perangkat daerah yang menjalankan, mengatur dan menyelenggarakan jalannya pemerintahan. Adapun fungsinya tertuang didalam UU Nomor 32 tahun 2004 yakni :

  1. Pengertian pemerintah daerah mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.
  2. Menjalankan otonomi seluas-luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintahan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah.
  3. Dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan memiliki hubungan pemerintahan pusat dengan pemerintahan daerah. Dimana hubungan tersebut meliputi wewenang, keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya.

Tugas dan kewenangan pemerintah daerah

Adapun tugas dari kepala daerah ini telah tertulis pada UU Nomor 32 pasal 25 tahun 2004, dimana setiap kepala daerah mempunyai tugas dan kewenangan sebagai berikut :

  1. Memimpin daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.
  2. Mengajukan rencana Perda.
  3. Menetapkan Perda yang telah disetujui bersama DPRD.
  4. Menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang APBD kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan bersama.
  5. Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah.
  6. Mewakili daerahnya didalam / diluar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  7. Melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Itulah tadi kupasan mengenai pengertian pemerintah daerah beserta fungsi, tugas dan wewenangnya. Semua telah tertuang pada Undang Undang dan wajib untuk dilaksanakan oleh setiap pemerintah daerah.

Cari Artikel di Sini


Berikut Ini Pengertian, Fungsi, Tugas Dan Wewenang Pemerintah Daerah | Admin | 4.5
%d bloggers like this: