Pengertian Pemasaran, Faktor-Faktor, Tujuan, Dan Strategi

Pengertian pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam suatu perekonomian untuk membantu meningkatkan nilai ekonomis. Nilai ekonomis inilah yang akan menjadi salah satu penentu dari harga barang maupun jasa yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. definisi pemasaran ini juga memiliki faktornya sendiri yang mana bisa menghubungkan antara produksi dan konsumsi. Keduanya saling terkait guna menunjang perkonomian di pasaran.

Faktor-faktor penunjang pemasaran

Seperti yang sudah disebutkan bahwa definisi pemasaran itu sendiri juga didukung oleh beberapa faktor. Faktor tersebut adalah harga, produk, tempat, dan promosi. Keempat faktor tersebut menjadi hal yang paling utama dalam berlangsungnya suatu perekonomian.

Apabila keempatnya tidak seimbang maka juga bisa menyebabkan permasalahan tersendiri. Missal saja produksi suatu barang mengalami penurunan yang mana barang tersebut sangat dibutuhkan maka bisa menjadikan harga juga semakin naik. hal tersebut sudah sering terjadi di dunia pasar.

Tujuan pemasaran

Dari faktor pemasaran tersebut maka banyak pertanyaan tentang tujuan dari pemasaran itu sendiri. Dari pengertian pemasaran, bisa dilihat bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian suatu negara.

Tujuan ini juga bisa ditujukan kepada para konsumen yang mana memang membutuhkan suatu barang. Hampir semua barang yang diproduksi pasti memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing, jadi bisa disimpulkan dengan adanya pemasaran barang dan jasa ini bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya.

Strategi pemasaran

Dari kesemuanya itu, maka diperlukan adanya strategi yang tepat sehingga barang dan jasa yang dijual bisa laku dan dibutuhkan di masyarakat. Pengertian pemasaran berdasarkan strategi ini adalah langkah menuju kesuksesan.

Penjelasan pemasaran dengan strategi menurut para ahli bisa meliputi target yang dituju, penggunaan barang dan jasa yang dijual, tempat yang tepat untuk menjual barang dan jasa, serta relasi yang banyak untuk mengenalkan produk tersebut. dari strategi tersebut akan membantu memudahkan pemasaran barang dan jasa di masyarakat. semakin baik dan memiliki fungsi yang tinggi maka barang akan terjual dengan cepat pula.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: