Pengertian Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia), Contoh dan Macamnya

Berdasarkan Undang undang No. 39 tahun 1999 pengertian pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat Negara baik sengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi dan mencabut HAM seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang undang ini dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Macam-Macam Pelanggaran HAM

HAM atau hak asasi manusia memang telah diberikan oleh seseorang sejak dia masih berada dalam kandungan sekalipun. Adapun pelanggaran HAM tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yakni pelanggaran HAM berat dan pelanggaran HAM ringan.

Baca juga : Pengertian Manajemen PAUD

Meskipun macam macam pelanggaran HAM ini terbagi menjadi berat dan ringan, semuanya tetap tidak dibenarkan. Dalam pelanggaran HAM berat ini adalah kejahatan kemanusiaan dan juga kejahatan genosida. Kejahatan genosida adalah perbuatan yang dilakukan untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok, bangsa, ras, etnis, maupun agama.

Ditinjau dari pengertian pelanggaran HAM, kejahatan kemanusiaan ialah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik secara langsung terhadap penduduk sipil berupa pembunuhan, pemusnahan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik.

Contoh Pelanggaran HAM Di Indonesia

Di negara kita Indonesia tercatat adanya pelanggaran HAM yang pernah terjadi, adapun contoh pelanggaran HAM di Indonesia ini seperti gerakan G30S PKI. Perkara kasus ini memang penuh kontroversi, dalam peristiwa bersejarah tersebut banyak korban pembantaian yang didominasi beragama islam.

Dalam peristiwa ini semua media dilarang meliput berbagai berita, kecuali surat kabar angkatan bersenjata dan berita yudha. Berita disanapun penuh dengan rekayasa yang memutar balikkan fakta yang ada. Selain G30S PKI ada pula pelanggaran HAM berat di Papua, Maluku, mantan gubernur Tim-Tim dan juga rezim Soeharto di masa Orde Baru.

Selesai sudah kupasan kita mengenai pengertian pelanggaran HAM beserta macam dan contohnya. Meskipun terbagi menjadi pelanggaran HAM berat dan ringan, kita sangat dilarang melanggar HAM walaupun ringan sekalipun. Setiap manusia sejak dalam kandungan telah memiliki HAM yang harus dijaga dan dihormati dengan baik.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: