Pengertian Pegunungan Dan Nama-Nama Pegunungan Di Indonesia

Pengertian pegunungan adalah deretan atau kumpulan atau juga gugusan dari beberapa gunung baik gunung yang besar ataupun gunung yang kecil yang membentang atau memanjang dan gunung-gunung tersebut selalu sambung-menyambung.

Sedangkan gunung merupakan dataran tinggi yang memiliki ketinggian lebih dari 500 meter di atas tanah dataran rendah. Dengan hal ini maka pegunungan juga dapat diartikan sebagai gugusan dari beberapa dataran tinggi atau bagian tanah yang lebih tinggi yaitu lebih dari 500 meter dari pada tanah di sekitarnya yang memanjang dan saling sambung menyambung antara gunung yang satu dengan gunung lainnya.

Macam-macam pegunungan

Bangsa Indonesia adalah negara yang memiliki kondisi alam yang beragam, ada yang dataran rendah, dataran tinggi, perairan dan ada juga banyak ditemukan wilayah pegunungan. Pegunungan di Indonesia pun tidak terhitung jumlahnya baik yang telah bernama maupun yang belum. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pegunungan dapat dibedakan menjadi 2 jenis pegunungan yaitu pegunungan tinggi dan pegunungan rendah.

Pengertian pegunungan sebagai gugusan gunung-gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 500 meter, maka pegunungan rendah adalah sekumpulan gunung-gunung yang memanjang dan sambung menyambung dan membentuk pegunungan dengan ketinggian berkisar antara 500 sampai 1500 meter di atas permukaan air laut. Kemudian untuk pegunungan tinggi yaitu kumpulan gunung-gunung dengan ketinggian yang melebihi 1500 meter di atas permukaan laut.

Beberapa nama pegunungan yang terkenal di Indonesia

Sebuah dataran yang memiliki ketinggian yang menjulang di atas 500 meter dari tanah yang ada di sekelilingnya serta memanjang juga merupakan pengertian pegunungan. Terdapat 26 nama pegunungan di Indonesia. Di antara nama-nama pegunungan di Indonesia tersebut adalah pegunungan bukit barisan di propinsi Bengkulu, pegunungan Gayo yang berada di provinsi Aceh, pegunungan Jayawijaya di provinsi Papua, pegunungan Dieng di Jawa Tengah, pegunungan Kerinci terletak di Sumatera Barat, pegunungan Cianjur di Jawa Barat, pegunungan Menoreh di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pegunungan Muller di Kalimantan Barat, pegunungan Bingkoku di Sulawesi Tenggara, dan lain sebagainya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: