Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-Ciri, Kelebihan, dll

Pengertian pasar persaingan sempurna merupakan suatu pasar dimana kondisi penjual dan pembelinya sangat banyak dan juga produk yang diperdagangnkan bersifat homogen, sehingga baik penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli.

Dari sini dapat kita lihat bahwa dalam sebuah pasar persaingan sempurna, sangat kecil kemungkinan adanya monopoli. Contoh riil dari pasar persaingan sempurna adalah suatu perusahaan kecil yang berjumlah cukup banyak dan menjual ataupun memproduksi jenis barang yang sama satu dengan yang lain seperti gandum, beras, kentang, dan produk lainnya.

CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna di Indonesia sangatlah banyak, adapun ciri-ciri dan karakteristik dari pasar persaingan sempurna diantaranya :

  1. Homogenitas produk
  2. Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna terkait jual beli
  3. Produsen mudah untuk masuk ataupun keluar pasar
  4. Harga murni dari hasil penawaran dan permintaan (Supply and Demand)

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Struktur suatu pasar persaingan sempurna yang seimbang antara penjual dan pembeli memang nampak ideal. Meskipun begitu, dalam praktiknya tetap terdapat kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dari pasar persaingan sempurna adalah adanya pengoptimalan dan efisiensi sehingga keuntungan normal dapat dengan mudah didapatkan dengan syarat biaya produksi minim dan harga barang sama dengan biaya marjinal produksi. Kelebihan kedua adalah adanya kebebasan untuk memilih dan bertindak karena tidak ada konsentrasi kekuasaan.

Kekurangan dari adanya pasar persaingan sempurna berkaitan dengan minimnya inovasi karena hampir semua penjual menjual produk yang sama dengan harga sama serta timbul sebuah konflik keadilan dimana kualitas produk tetap terjamin namun pembeli terbatas pilihannya. Begitu pula bagi penjual yang mengalami konflik keadilan dalam bidang internal industri.

CONTOH PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Di Indonesia, menemukan jenis pasar persaingan sempurna bisa dibilang susah-susah gampang karena pada umumnya pasar tradisional di Indonesia masuk dalam kategori pasar persaingan sempurna. Namun, komoditi makanan pokok yang ada di pasar tradisional Indonesia lebih pantas disebut mendekati pasar persaingan sempurna karena masih adanya campur tangan Pemerintah dalam pengendalian harga di pasaran.

Demikian pengertian dan ulasan singkat mengenai pasar persaingan sempurna yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: