Pengertian Partai Politik dan Fungsinya

Pengertian partai politik adalah perkumpulan yang didirikan untuk mewujudkan ideologi politik tertentu. Definisi partai politik lainnya adalah organisasi politik yang mempunyai orientasi dan tujuan yang khusus. Tujuannya tidak lain ialah untuk mendapatkan kekuasaan politik dan mengambil alih kedudukan politik sehingga mereka bisa menjalankan kebijakan-kebijakan politik. Langkah politik yang mereka jalankan merujuk pada sebuah konstitusi negara sesuai aturan hukum yang berlaku di dalam negara tersebut. Hukum tertinggi suatu negara adalah undang-undang dasar.

Selain arti dari partai politik itu sendiri, anda juga perlu tahu bahwa partai politik merupakan salah satu bagian dari pilar demokrasi yang berperan dalam setiap napas kehidupan demokrasi. Untuk pertama kalinya, partai politik terlahir di Eropa Barat. Pada mulanya, partai politik terlahir sebagai akibat dari berkembangnya sebuah gagasan yang menyatakan bahwa rakyat merupakan salah satu faktor yang semestinya diperhitungkan dan diikutsertakan di dalam kegiatan politik. Keikutsertaan rakyat menjadi penting dalam kehidupan politik suatu negara sehingga kekuasaan tertinggi dalam kehidupan demokrasi suatu negara terletak pada rakyat.

Fungsi Partai Politik

Dari pengertian partai politik di atas, ada beberapa fungsi yang akan dijelaskan antara lain sebagai berikut.

  1. Sebagai sarana komunikasi politik, yaitu partai politik menjadi komunikator politik atas kapasitas dan kebijakan dari pemerintah dalam menyalurkan aspirasi dan kepentingan suatu kelompok masyarakat.
  2. Sebagai rekrutmen politik, dengan cara mencari anggota yang cakap dalam melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan politik.
  3. Sebagai pengatur konflik, yaitu mengakumulasikan berbagai macam aspirasi dan kepentingan antar kelompok melalui sebuah dialog yang bisa memuaskan kepentingan dari berbagai kelompok.
  4. Sebagai sosialisasi politik, yaitu sebuah proses pembentukan yang berasal dari orientasi politik yang dilakukan oleh para anggota terhadap berlangsungnya kehidupan politik.
  5. Sebagai wadah pendidikan politik, dengan cara melibatkan seluruh anggota partai di setiap kegiatan partai.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: