Pengertian PANCASILA Sebagai Pedoman Hidup

Pengertian pancasila adalah falsafah hidup atau ideologi dasar bagi Negara Republik Indonesia. Kata pancasila tersebut berasal dari bahasa sansekerta panca dan sila. Panca berarti lima dan sila mempunyai artinya asas. Jadi, pancasila ini merupakan rumusan dan pedoman hidup bagi segenap rakyat Indonesia

Pancasila merupakan pedoman hidup dan sebagai dasar bagi semua warga Negara Republik Indonesia. Maksud pancasila sebagai pedoman hidup yaitu setiap perilaku dan tindakan yang dilakukan oleh warga Negara Indonesia harus sesuai dengan kandungan yang ada di dalam pancasila.

Dengan kata lain sila yang terdapat dalam pancasila merupakan buah pemikiran pendiri bangsa ini yang digunakan sebagai dasar bagi segenap warga Negara Indonesia dalam bertindak. Pancasila sila juga merupakan perwujudan dari pemikiran tokoh tokoh pendiri bangsa ini untuk menyatukan segala perbedaan yang ada.

Di harapkan dengan rumusan dan pengertian pancasila ini segenap warga Negara Kesatuan Republic Indonesia memiliki persamaan pandangan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga, dengan adanya kesamaan pedoman hidup , di harapkan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia akan kuat.

Sejarah lahirnya pancasila

Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945. Istilah pancasila disampaikan oleh Ir. Soekarno pada waktu beliau berpidato pada rapat Badan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ( BPUPKI). Dalam bahasa Jepang BPUPKI di sebut dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai. Setelah hal ini, BPUPKI membuat panitia Sembilan yang beranggotakan Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Mr. AA marawis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Ahmad Soebarjo, Moh. Yamin dan Wahid hasyim. Panitia kecil ini di beri tugas untuk merumuskan kembali pancasila sebagai dasar Negara. Pada tanggal 18 agustus 1945, pancasila resmi disahkan menjadi dasar Negara Indonesia.

Setelah mengetahui tentang sejarah lahirnya pancasila, maka pemahaman tentang pengertian pancasila sebagai pedoman hidup sangat diperlukan. Dengan memahami dan mengetahui kandungan dari tiap-tiap sila dalam pancasila tersebut, maka kehidupan dalam berbangsa dan bernegara akan berjalan dengan baik. Dengan demikian maka Indonesia akan menjadi Negara yang penuh dengan kedamaian.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: