Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Pameran

Pengertian pameran adalah suatu kegiatan yang menyajikan karya seni rupa yang dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat. Pameran juga merupakan kegiatan yang dilakukan guna menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas melalui sebuah media berupa karya seni. Dalam kegiatan pameran, diharapkan dapat terjalin komunikasi antara perupa yang diwakili oleh masing-masing karya seninya dengan apresiasi.

MANFAAT ADANYA PAMERAN

Pameran mempunyai beberapa manfaat, diantaranya adalah :

  1. Menumbuhkan, menambah, dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memberikan apresiasi terhadap karya orang lain.
  2. Menumbuhkan kemampuan masyarakat dalam memberikan evaluasi terhadap karya seni secara objektif.
  3. Melatih kekompakan selaku penyelenggara kegiatan.
  4. Memperbanyak pengalaman bagi perupa.
  5. Melatih masyarakat khususnya panitia untuk membuat suatu perencanaan kerja dan melaksanakan apa yang telah direncanakan dengan baik.
  6. Sebagai sarana refreshing.

TUJUAN DIADAKANNYA PAMERAN

Penyelenggaraan pameran mempunyai beberapa macam tujuan, diantaranya adalah :

Tujuan sosial

Mempunyai arti bahwa kegiatan pameran seni rupa baik itu skala besar maupun skala kecil dapat digunakan untuk kepentingan sosial atau charity. Kepentingan sosial tersebut dapat diwujudkan dari penggunaan tiket masuk atau hasil penjualan karya seni yang disumbangkan atau disalurkan untuk kaum-kaum yang membutuhkan bantuan.

Tujuan komersial

Berkaitan dengan adanya kegiatan yang mengejar keuntungan atau profit, utamanya bagi seniman dan penyelenggara pameran. Sebuah kegiatan pameran akan diselenggarakan dengan tujuan agar karya yang dipamerkan laku terjual dan memberikan keuntungan bagi pemilik karya maupun penyelenggara pameran.

Tujuan kemanusiaan

Kegiatan ini bertujuan untuk kepentingan pembinaan nilai-nilai, pelestarian, dan juga pengembangan hasil dari karya seni yang ada di masyarakat. Apabila pameran bertujuan untuk sosial kemanusiaan, maka dana dari hasil penjualan karya seni akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti disumbangkan ke panti asuhan maupun korban bencana alam.

Tujuan utama

Tujuan utama dari pameran adalah untuk memperoleh apresiasi dan tanggapan dari pengunjung sebagai upaya meningkatkan kualitas dari pencipta karya seni dan menambah wawasan tentang seni rupa.

JENIS-JENIS PAMERAN

Pameran terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah :

  1. Pameran tetap (permanent exhibition)
  2. Pameran temporer (temporary exhibition)
  3. Pameran keliling (traveling exhibition)

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: