Pengertian Organisme, Ciri dan Klasifikasinya

Secara bahasa, istilah organisme diambil dari bahasa Yunani “organon” atau “organimos” yang berarti alat. Secara istilah, pengertian organisme adalah kumpulan molekul yang saling terkait dan mempengaruhi sehingga secara stabil berfungsi dan bersifat hidup.

Dalam istilah lain, pengertian dari organisme ini berarti makhluk hidup yang terdiri dari beberapa komponen yang banyak. Komponen ini kemudian saling terkait dan mempengaruhi serta bekerja sama mencapai tujuan.

Organisme sendiri terdiri dari berbagai bentuk, ukuran dan gaya hidup yang berbeda, namun mereka semua memiliki beberapa ciri yang sama. Setiap organisme pasti membutuhkan makanan sebagai nutrisi, mengeluarkan limbah, bertumbuh dan berkembang biak lalu pada akhirnya akan mati. Contohnya hewan.

Ciri Utama Organisme

Dari pengertian organisme, dapat diketahui bahwa organisme merupakan makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Nah organisme ini memiliki beberapa karakteristik atau ciri utama yaitu setiap organisme terbuat dari sebuah struktur yang bisa disebut dengan sel.

Kemudian setiap organisme juga bisa berkembang biak atau menghasilkan keturunan dari diri mereka sendiri dengan materi genetiknya yang biasa disebut dengan DNA. Ciri selanjutnya dari organisme adalah mereka yang memiliki respon terhadap rangsangan yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Terakhir, ciri utama organisme adalah melakukan metabolisme di dalam sel mereka.

Jenis Organisme

Organisme terbagi dalam kedua jenis yaitu organisme Autotrof (produsen) dan organisme Heterotrof (konsumen). Pengertian organisme Autotrof sendiri adalah organisme yang memiliki kemampuan untuk menyediakan makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari dan klorofil.

Organisme Autotrof ini terbagi lagi menjadi 2 jenis yaitu Organisme Fotoautotrof yang membuat makanan melalui fotosintesis seperti tumbuhan hijau dan Organisme Kemoautotrof yang membuat makanan melalui energy kimia seperti bakteri nitrosomoan.

Sementara pengertian organisme Heterotrof adalah jenis organisme yang tidak memiliki kemampuan untuk membuat makanannya sendiri seperti manusia dan hewan. Organisme Heterotrof kemudian dibagi lagi berdasarkan makanannya menjadi Herbivora, Karnivora dan Omnivora. Lalu berdasarkan perannya, dibagi menjadi Detritirvor, Scavenger, Predator dan Parasit. Selain itu, Heterotrof juga terbagi menjadi Biofagus, Saprofagus dan Dekomposer.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Organisme, Ciri dan Klasifikasinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: