Pengertian Open Source Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian open source ialah sebuah istilah yang dipergunakan dalam software komputer dimana memiliki arti bebas. Maksudnya adalah memungkinkan pengguna lain untuk membuka source kode dari program sehingga dapat mengetahui secara jelas cara kerja dari software tersebut. Software ini mulai berkembang dengan pesat setelah lahirnya sistem operasi linux yang dapat diperoleh secara gratis melalui internet.

Namun keberhasilan dari software ini tidak terlepas dari peran komunitas yang mengembangkan software berbasis open source tersebut.

Kelebihan Open Source

Software open source umumnya dikembangkan oleh sebuah lembaga maupun komunitas yang telah ahli dibidangnya secara bersama, sehingga ketika ditemukan sebuah masalah dapat dengan cepat terselesaikan. Jadi apabila komunitas ini tergolong pemula masalah yang dijumpai dapat segera terselesaikan. Kelebihan open source selanjutnya dapat dilihat dari fitur yang dimiliki.

Banyak fitur kompleks yang memiliki kemampuan baik didalamnya. Tentu hal ini sangatlah menguntungkan. Belum cukup sampai disini ternyata point plus dari software ini adalah berlisensi GPL. Software open source telah berlisensi General Public Licence atau GPL, sehingga pengguna tidak dikenakan biaya untuk software tersebut. Beberapa program berbasis open source ini seperti sistem linux (OS) untuk komputer, seperti debian, mint, slackware dan sebagainya.

Sedangkan contoh kongkrit untuk smartphone ini seperti android, firefox OS, serta beberapa aplikasi layaknya InkScape, GIMP, Mplayer, OpenOffice, dan lain-lain.

Kekurangan Open Source

Dibalik pengertian open source yang memiliki beragam kelebihan tersebut, terdapat kelemahan yang ada didalamnya. Kekurangan open source yang pertama adalah tampilan dari software ini cenderung rumit, sehingga cukup menyulitkan bagi para pemula untuk dapat mempelajarinya. Bahkan para pemula sering kali menemukan kesulitan dalam instalasi serta penggunaan software open souce tersebut.

Tentu itu semua disebabkan karena tampilannya yang cukup rumit. Bahkan kelemahan lainnya terdapat dari sektor kinerjanya. Beberapa software open source memiliki kinerja yang kurang baik, bahkan tidak lebih baik dari software close source.

Setelah mengetahui sedikit mengenai pengertian open source beserta kelebihan dan kekurangannya ini, anda dapat sedikit mengenal apa itu open source. Bagi anda yang masih user pemula, ada baiknya anda bergabung dalam komunitas yang telah berpengalaman.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Open Source Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: