Pengertian Negara, Unsur Dan Fungsinya

Pengertian negara merupakan sebuah organisasi yang memiliki sebuah kewenangan tertinggi untuk mengatur hubungan dengan masyarakat, melindungi, mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Negara terjadi karena adanya hasil perjanjian dalam sebuah masyarakat. Dalam membuat sebuah negara tidak bisa dilakukan begitu, ada banyak unsur pendukung dalam membuat negara.

Unsur Dalam Sebuah Negara

Dalam membuat sebuah negara, harus mencakup unsur-unsur sebagai berikut:

Penduduk

Sebuah negara harus memiliki penduduk. Penduduk adalah warga negara yang akan bertempat tinggal di negara tersebut. Tanpa penduduk, negara tidak bisa didirikan.

Wilayah

Negara harus memiliki wilayah yang dikuasainya. Bisa disebut sebagai teritorial. Wilayah dalam negara terdiri dari wilayah udara, darat dan laut. Dalam sebuah negara harus ada wilayah, jika tidak ada tidak bisa membentuk sebuah negara.

Pemerintah

Pemerintah berfungsi sebagai pemegang kekuasaan negara dan bertugas untuk menjalankan negara tersebut menjadi lebih baik. Pemerintah sendiri memiliki unsur yang banyak. ada presiden atau kepala negara dan menterinya.

Kedaulatan

Sebuah negara juga harus memiliki kedaulatan. Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi yang digunakan untuk membuat undang-undang.

Fungsi Utama Negara

Selain ada pengertian negara dan unsur negara. Tentunya ada fungsi dari negara itu sendiri. berikut ini fungsi negara yang harus anda ketahui:

  1. Fungsi keadilan yang berarti negara harus bersikap adil di depan hukum. Tidak ada pembedaan sama sekali untuk semua lapisan masyarakat.
  2. Fungsi keamanan dan pertahanan yang berarti negara wajib melindungi semua unsur yang ada didalam negaranya dari segala ancaman yang terjadi. Untuk mempertahankan kedaulatan.
  3. Fungsi kemakmuran dan kesejahteraan berarti negara dapat memanfaatkan sumber daya alam untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat.
  4. Fungsi pengaturan yang berarti negara harus mengatur negara dengan baik, lewat undang-undang serta kebijakan yang berlaku.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dibahas tentang negara. Tak hanya pengertian negara, fungsi dan unsur negara saja. tetapi ada tujuan, sifat dan proses terbentuknya negara. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: