Pengertian Nabi Dan Rasul Beserta Perbedaannya Yang Harus Diketahui

Pengertian Nabi dan Rasul bagi umat Islam memang harus diketahui serta dipahami. Nabi dan Rasul ternyata memiliki arti yang berbeda, Nabi adalah seorang dengan jenis kelamin laki laki yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT namun tidak wajib disebarkan kepada orang lain.

Sedangkan Rasul ialah seseorang dengan jenis kelamin laki laki yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk menyebar luaskan wahyu tersebut.

Perbedaan Nabi Dan Rasul

Bila melihat pengertian Nabi dan Rasul diatas tadi, terlihat jelas perbedaan dari keduanya. Perbedaan Nabi dan Rasul ini terdapat pada kewajiban menyebar luaskan wahyu yang di terima. Rasul yang berasal dari kata Risala yang berarti penyampaian berkewajiban untuk menyebar luaskan wahyu yang diterimanya.

Oleh karena itu Allah SWT selalu mengangkat Nabi terlebih dahulu baru menjadikannya seorang Rasul. Berdasarkan rukun iman yang keempat, kita harus percaya dan yakin serta beriman kepada para Nabi dan Rasul Allah.

Ada sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh At-Turmuzy yang didalamnya berisikan bahwa jumlah Nabi ada 124 ribu orang, dan jumlah Rasul ada 312, namun yang wajib kita imani hanyalah 25 Nabi dan Rasul.

Dengan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul penutup, jadi apabila jaman sekarang ada yang mengaku Nabi ini tentu tidak benar adanya.

Sifat Sifat Nabi Dan Rasul

Menjadi seseorang yang menerima wahyu dari Allah SWT tentu seorang Nabi dan Rasul tidak sembarangan. Setiap Nabi dan Rasul selalu memiliki sifat sifat Nabi dan Rasul yang patut untuk dicontoh.

Seperti sifat siddiq yang berarti benar dalam perkataan dan perbuatan, amanah yang artinya dapat dipercaya, fathonah yang berarti cerdas, serta bersifat tabligh yakni menyampaikan wahyu atau risalah dari Allah SWT.

Itulah sepenggal ulasan kita mengenai pengertian nabi dan Rasul beserta perbedaan dan sifat sifatnya. Menjadi seorang panutan untuk semua umat, tentu seorang Nabi dan Rasul harus bersifat baik dan tidak melanggar kaidah kaidah Islam. Kita sebagai umat wajib untuk mengimani para Nabi dan Rasul.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: