Pengertian MySQL, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian MySQL adalah sebuah software atau perangkat lunak system manajemen berbasis data SQL atau juga multi user dan DBMD Multithread. Pada dasarnya, MySQL ini sebenarnya adalah turunan yang berasal dari salah satu konsep utama dalam database yang memang telah ada sebelumnya yaitu SQL atau Structured Query Language. Konsep ini digunakan untuk seleksi atau pemilihan dan pemasukan data dimana hal ini memungkinkan pengerjaan operasi data yang otomatis lebih mudah. MySQL sendiri diciptakan pada tahun 1979 oleh seorang programmer computer yang berasal dari Swedia bernama Michael “Monty” Widenius.

Keistimewaan MySQL

Lalu apa keistimewaan dari MySQL ini? Dari pengertian MySQL, kita ketahui bahwa MySQL merupakan sebuah software. Nah keistimewaan dari software ini diantaranya adalah portabilitas yang berarti MySQL bisa berjalan stabil di system operasi apapun seperti Linux, Windows dan lain sebagainya.

Kemudian MySQL juga multi-user sehingga bisa digunakan secara bersamaan oleh beberapa pengguna. Selain itu, MySQL juga memiliki tipe data beragam, beberapa keamanan, kecepatan yang tinggi, dan penanganan basis data yang bisa dilakukan dalam skala yang besar.

Kelebihan MySQL

Di samping keistimewaan dari definisi MySQL sebagai software, MySQL ini juga memiliki beberapa kelebihan dalam penggunaannya di database yaitu memiliki lisensi GPL dan juga Multi Platform, bisa diintegrasikan menggunakan beberapa bahasa pemrograman misalnya Java, Net, Perl dan Python.

Kelebihan lain dari MySQL adalah support ODBC di system operasi Windows sehingga aplikasi dalam Windows juga bisa digunakan. Selain itu, MySQL ini juga bisa melakukan deteksi pesan yang salah pada klien menggunakan 20 bahasa lebih.

Kekurangan MySQL

Selain memiliki keistimewaan dan kelebihan, software MySQL ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu anda ketahui yang diantaranya adalah kurang mendukung bahasa pemrograman visual/Desktop atau juga Visual Basic sehingga aplikasi visual jarang digunakan. Selain itu, bahasa pemrograman lain seperti Delphi, Foxpro dan lainnya juga masih kurang mendukung.

Kemudian lisensi GPL yang dimilikinya membuat update menjadi sulit. Terakhir, penanganan data dalam skala besar sangat diragukan. Sekian Pengertian MySQL beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini


Pengertian MySQL, Kelebihan dan Kekurangannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: