Pengertian Singkat Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan suatu proses dalam menangani berbagai macam masalah yang ada pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer, dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas sebuah organisasi atau perusahaan demi pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Unit dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang berperan dalam hal ini adalah Departemen Sumber Daya Manusia atau disebut juga sebagai Human Resource Departement (HRD).

MODEL-MODEL MSDM

Untuk dapat memahami berbagai macam permasalahan dalam msdm sekaligus mencari solusinya, tentu anda harus terlebih dulu mengetahui model-model msdm yang banyak digunakan baik itu oleh perusahaan berskala kecil maupun perusahaan besar. Dalam perkembangannya, model msdm ini nantinya akan terus berkembang disesuaikan dengan situasi dan kondisi beserta tuntutannya. Adapun model msdm diantaranya :

  1. Model Klerikal
  2. Model Hukum
  3. Model Finansial
  4. Model Manajerial
  5. Model Humanistik
  6. Model Ilmu Perilaku

FUNGSI MSDM

Keberadaan msdm tentunya mempunyai fungsi yang berkaitan erat dengan kelangsungan dan kesehatan sumber daya perusahaan. Msdm setidaknya mempunyai fungsi yang berkaitan dengan tahap perencanaan, rekrutmen, seleksi tenaga kerja, orientasi, pelatihan, dan pengembangan sumber daya, evaluasi kerja, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian. Fungsi-fungsi tersebut saling berhubungan satu sama lain dan tidak mungkin dapat dipisah-pisahkan meskipun nantinya akan dibagi-bagi lagi menjadi beberapa divisi dalam suatu msdm.

TUJUAN MSDM

Ada empat tujuan msdm, yaitu :

1. Tujuan sosial

Msdm ada agar organisasi atau perusahaan mempunyai tanggungjawab sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalisir dampak negatifnya.

2. Tujuan organisasional

Tujuan ini merupakan sasaran formal yang diadakan guna membantu organisasi mencapai tujuan awal didirikannya sebuah organisasi atau perusahaan.

3. Tujuan fungsional

Tujuan ini merupakan tujuan untuk mempertahankan kontribusi sebuah departement SDM atau HRD pada tingkatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari suatu organisasi atau perusahaan.

4. Tujuan individual

Sedangkan tujuan individual merupakan tujuan pribadi yang didapat dari tiap-tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak dicapai melalui berbagai aktivitas dalam organisasi atau perusahaan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: