Pengertian Modal dan Sumber Utama Modal

Pengertian modal adalah barang yang digunakan sebagai bekal/dasar untuk bekerja atau melakukan usaha, baik berupa uang, skill, atau yang lainnya. Modal merupakan satu dari bagian yang cukup penting atau mungkin bisa dikatakan paling penting dalam suatu perusahaan. Dengan demikian, perusahaan terdiri dari banyak komponen penting dan salah satu komponen penting yang harus ada kaitannya dengan perusahaan ialah modal.

Dengan adanya dan cukupnya modal, sebuah bisnis atau perusahaan bisa melakukan kegiatan bisnis mulai dari kegiatan produksi, dan pemasaran dan juga aktivitas bisnis yang lain. Jika berbicara mengenai modal, memang banyak orang yang mengira bahwa modal hanyalah berbentuk uang. Tentunya pendapat tersebut bisa jadi tidak sepenuhnya benar mengingat bahwa modal bisa berbentuk selain uang.

Sumber Modal

Setelah anda mengetahui kaitannya dengan pengertian modal, hal selanjutnya yang bisa anda ketahui kaitannya dengan modal ialah mengenai sumber modal. Secara garis besar, sumber modal bisa dibedakan menjadi dua yakni sumber modal internal atau modal yang berasal dari dalam perusahaan dan juga sumber modal eksternal atau modal yang berasal dari luar perusahaan.

Sumber modal internal merupakan sumber modal yang berasal dari dalam perusahaan yang mana modal tersebut berasal dari aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka untuk mencari keuntungan. Jika berbicara mengenai sumber modal internal yang biasanya ada dalam suatu perusahaan, maka ada beberapa jenis sumber modal internal perusahaan diantaranya ialah akumulasi penyusutan, laba ditahan dan juga sumber modal internal yang lain. Dengan kata lain, sumber modal ini merupakan segala hal mengenai modal yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri.

Selain modal internal perusahaan, ada juga modal eksternal perusahaan yang mana dalam jenis modal ini cenderung memiliki sifat yang tidak terbatas. Hal tersebut dikarenakan karena jenis modal perusahaan ini berasal dari pihak-pihak yang berada diluar perusahaan yang ingin atau mau bekerja sama dengan perusahaan yang bersangkutan. Adapun beberapa lembaga atau pihak luar yang seringkali diajak bekerja sama ketika ingin membentuk suatu usaha ialah lembaga-lembaga keuangan seperti kreditur, pasar modal, bank dan lembaga yang lain. Itulah sedikit hal yang bisa anda ketahui kaitannya dengan pengertian modal.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: