Pengertian Mikroskop dan Bagian-Bagiannya

Pengertian mikroskop adalah alat bantu yang digunakan untuk melihat dan mengamati benda berukuran sangat kecil dan tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Mikroskop itu sendiri berasal dari bahasa latin yakni “mikro” yang berarti kecil, dan “scopein” yang berarti melihat. Mikroskop ini ditemukan oleh Anthony Van Leewenhoek, dimana dengan penemuan tersebut sangat membantu para ilmuan dan juga peneliti hingga saat ini. menggunakan alat tersebut kita dapat memperbesar ukuran benda kecil hingga berkali-kali lipat. Lalu apa sebenarnya fungsi dari mikroskop itu sendiri? Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Fungsi Mikroskop

Alat penemuan yang sangat membantu para peneliti ini memiliki fungsi begitu penting seperti yang dapat dilihat dari pengertian mikroskop tadi. Adapun fungsi utama dari mikroskop adalah sebagai alat bantu melihat dan mengamati objek berukuran sangat kecil yang tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang.

Dan untuk fungsi mikroskop lainnya tidak terlepas dari fungsi utamanya, hanya berbeda dari segi jenis mikroskop yang dibuat lebih detail dan berguna untuk mengamati satu jenis obyek mikropis saja. Bila ditarik benang merahnya fungsi dari mikroskop untuk melihat dan mengamati benda berukuran kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Bagian Mikroskop

Untuk dapat menggunakan mikroskop, tentu kita harus mengetahui bagian bagian mikroskop. Bagian mikroskop ini terbagi menjadi dua, yakni bagian optik dan bagian mekanik. Pada bagian optik terdapat lensa okuler yang terdapat pada bagian ujung atas tabung.

Lensa objektif adalah lensa yang dekat dengan objek, kondesor bagian yang dapat diputar naik turun untuk mengumpulkan cahaya, diafragma bagian yang berguna mengatur cahaya dan juga cermin bagian yang berguna menerima dan mengarahkan cahaya yang diterima. Sedangkan pada bagian mekanik terdapat beberapa bagian seperti revolver, tabung mikroskop, lengan mikroskop, meja benda, makrometer, mikrometer, dan juga kaki mikroskop.

Dengan mengetahui pengertian mikroskop, fungsi serta bagian yang ada pada mikroskop kini anda tentu sedikit mengenal alat yang sangat berguna ini bukan? Alat yang begitu berguna ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk para ilmuan saja, kajian ilmu lebih mendalam dan ilmu masyarakat semakin maju.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Mikroskop dan Bagian-Bagiannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: