Pengertian Migrasi, Penyebab Dan Jenis-Jenisnya

Secara umum, pengertian migrasi adalah perpindahan suatu penduduk dari satu daerah ke daerah yang lain dan bertujuan untuk menetap di daerah baru yang dituju tersebut. Menetap di sini sendiri sifatnya bisa sementara dan bisa juga menetap selamanya. Dan karena tujuan migrasi adalah menetap, maka seluruh keperluan administrasi milik orang yang melakukan migrasi tersebut harus diperbaharui seperti misalnya kartu tanda penduduk atau KTP, kartu keluarga dan sebagainya.

Faktor Penyebab Terjadinya Migrasi

Dalam definisi migrasi dikatakan bahwa perpindahan penduduk ini memiliki tujuan untuk menetap di daerah baru, baik sementara ataupun selamanya. Lalu apa yang menjadi faktor pendorong orang untuk melakukan migrasi ini? ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya migrasi, yaitu di antaranya adalah kurang tersedianya lapangan kerja di daerah lama sehingga mencari di daerah baru, penduduk yang terlalu padat, sumber daya alam yang tersedia kurang, untuk melanjutkan pendidikan, keinginan untuk memperbaiki taraf hidup, alasan agama, hubungan sosial kurang baik, ketidakcocokan keadaan geografis dan juga adanya pemerataan penduduk.

Jenis-Jenis Migrasi

Migrasi dibedakan dalam 2 kelompok besar yaitu migrasi antar negara (dari suatu negara ke negara lain) dan migrasi dalam negeri. Migrasi antar negara memiliki beberapa jenis yaitu Imigrasi, Emigrasi dan Remigrasi. pengertian migrasi yang berjenis Imigrasi sendiri adalah masuknya penduduk dari suatu negara menuju negara lain. Sedangkan Emigrasi kebalikannya yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain. Sementara pengertian remigrasi adalah kembalinya penduduk ke negara asalnya dari negara lain yang sebelumnya ditinggali sementara.

Selanjutnya kelompok migrasi dalam negeri juga dibagi dalam beberapa jenis. Yang pertama adalah Transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari suatu daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya. Lalu ada Urbanisasi. pengertian migrasi yang satu ini adalah perpindahan dari desa menuju kota. Kemudian ada juga Ruralisasi yang merupakan kebalikannya yaitu perpindahan dari kota ke desa. Berikutnya ada Evakuasi yang merupakan perpindahan akibat ancaman keamanan atau bencana, Forensen yang merupakan aktivitas pulang pergi ke kota dan terakhir adalah Turisme yaitu perjalanan ke daerah wisata dan menetap sementara. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Migrasi, Penyebab Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: