Pengertian Migrasi Penduduk dan Penyebab Terjadinya Migrasi

Pengertian migarasi adalah perpindahan penduduk dari daerah satu ke daerah lainnya. Sebuah migrasi sering terjadi pada kehidupan manusia. Biasanya orang yang melakukan kegiatan migrasi ini memiliki tujuan yang ingin di capai pada daerah tujuan. Jika jumlah penduduk yang melakukan migrasi ke suatu kota atau daerah terlalu banyak, maka akan menyebabkan masalah baru pada daerah tujuan migrasi tersebut. biasanya masalah tersebut berupa kepadatan penduduk dan ketersediaan lapangan kerja.

Penyebab Terjadinya Migrasi

Definisi atau pengertian Migrasi merupakan sebuah perpindahan penduduk yang lazim di Negara kesatuan Republik Indonesia ini. Penduduk yang melakukan sebuah migrasi biasanya memiliki berbagai alasan tertentu. Alasan utama yang sering di utara oleh pelaku migrasi yaitu masalah pemenuhan kebutuhan hidup. Para penduduk biasanya melakukan migrasi kedaerah yang banyak terdapat lapangan kerja. Akan terapi, kadang hal tersebut dapat menjadi sebuah persoalan baru bagi daerah tujuan migrasi.

Selain karena alasan ekonomi, penyebab migrasi lainnya adalah kepadatan penduduk . Sebuah perpindahan penduduk atau sering disebut migrasi dapat disebabkan oleh faktor kepadatan penduduk suatu daerah yang tinggi. Karena kepadatan yang tinggi ini, maka sebagian orang memutuskan untuk melakukan migrasi kedaerah yang penduduknya belum padat.

Jenis-Jenis Migrasi

Migrasi merupakan sebuah proses atau peristiwa berpindah penduduk kedaerah lain. Motif perpindahan penduduk ini atau migrasi terbagi menjadi dua jenis. Jenis migrasi tersebut adalah migrasi antar negara dan migrasi. Sesuai dengan namanya, migrasi antar negara adalah sebuah proses perpindahan penduduk suatu negara ke negara lain. Migrasi antar negara ini termasuk kedalam migrasi yang besar dan dengan administrasi yang sangat komplek. Contoh migrasi antar negara ini yaitu emigrasi, imigrasi dan remigrasi.

Jenis perpindahan penduduk yang kedua adalah migrasi dalam negeri. Pengertian migrasi dalam negeri adalah proses perpindahan penduduk yang dilakukan dari daerah asal ke daerah lain dalam satu negara. Migrasi dalam negeri termasuk jenis migrasi yang kecil, sehingga urusan administrasi lebih mudah. Contoh migarasi yang terjadi di dalam negeri adalah transmigrsi, urbanisasi, ruralisasi, evakuasi, turisme dan forensen.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: