Pengertian Mediasi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian mediasi adalah sebuah proses penyelesaian suatu masalah atau perkara melalui perundingan di mana terdapat mediator diantara kedua pihak yang berseteru. Sedangkan mediator adalah orang atau lembaga yang menjadi penengah diantara kedua kubu yang bersengketa.

Dalam hal ini, mediator berperan sebagai pihak yang menengahi sebuah perundingan. Mediator dalam mediasi tidak memihak salah satu pihak dan tidak mempunyai sebuah kepentingan khusus dalam masalah tersebut, sehingga hasil perundingan kedua belah pihak yang bertikai tidak ada intervensi dari mediator.

Mediasi merupakan sebuah jalan yang sering diambil oleh kedua belah pihak yang saling bertikai. Kedua belah pihak yang bermediasi ini sepakat untuk menyelesaikan penyebab persengketaan mereka melalui jalan perunding. Diharapkan dengan adanya mediasi ini, masalah antara kedua belah pihak akan terselesaikan dan hubungan keduanya akan berjalan secara normal kembali.

Jenis-Jenis Dari Mediasi

Secara umum, pengertian mediasi merupakan sebuah cara yang digunakan dalam menyelesaikan masalah dengan jalan musyawarah atau perundingan. Menurut tempatnya, sebuah mediasi terbagi menjadi dua macam. Jenis mediasi tersebut adalah mediasi di pengadilan dan mediasi di luar pengadilan.

Mediasi di pengadilan termasuk sebuah mediasi yang sudah banyak diketahui masyarakat, jenis mediasi yang satu ini memungkinkan kedua belah pihak yang bertikai untuk menyelesaikan masalah mereka berdua di hadapan hakim. Kedua belah pihak yang berseteru biasanya mengajukan masalah mereka kepengadilan dengan harapan mendapat penyelesaian masalah secara adil dan damai. Dengan menggunakan lembaga peradilan ini, maka sebuah mediasi akan berjalan dengan lancar dan aman.

Selain mediasi di lembaga atau badan peradilan, terdapat lagi jenis mediasi lain, mediasi tersebut adalah di luar pengadilan. Pengertian mediasi di luar peradilan adalah sebuah cara penyelesaian masalah secara kekeluargaan tanpa bantuan lembaga peradilan atau badan peradilan negara.

Dalam mediasi di luar lembaga peradilan ini, keputusan diambil oleh kesepakatan kedua belah pihak dengan bantuan mediator. Mediasi diluar pengadilan ini memiliki sebuah keuntungan. Keuntungan mediasi di luar peradilan ini yaitu hasil mediasi merupakan kesepakatan kedua belah pihak, sehingga keduanya akan menjalankan kesepakatan tersebut tanpa paksaan.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Mediasi dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: