Pengertian Media Menurut Banyak Ahli dan Jenis-Jenisnya

Pengertian media adalah segala bentuk dan saluran yang dipakai untuk menyampaikan informasi maupun pesan. Media berasal dari bahasa latin medium yang secara harfiah mempunyai makna perantara sumber pesan dengan penerima. Maka dari itu, dalam pengertian lainnya, media adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

PENGERTIAN MEDIA MENURUT PARA AHLI

Banyak ahli dan ilmuwan yang melakukan penelitian guna menemukan pengertian yang pas untuk media serta memberikan berbagai batasan terhadap pengertian media, diantaranya adalah :

– Syaiful Bahri Djamarah, media merupakan alat bantu apa saja yang dapat dijadikan media penyalur pesan guna mencapai sebuah tujuan.

– Schram, media merupakan teknologi pembawa pesan yang dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

– National Education Association (NEA), media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual termasuk juga didalamnya adalah teknologi perangkat keras.

– Gagne, media adalaah berbagai macam komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

– Association of Education Communication Technology (AECT), media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk proses penyaluran pesan.

JENIS-JENIS MEDIA

Secara, media dapat dibagi menjadi beberapa, yaitu :

– Media visual

Merupakan media yang dapat dilihat, dibaca, dan juga diraba. Media ini mengandalkan kepekaan indera penglihatan dan juga perabaan. Media visual sangat mudah untuk didapatkan, contohnya adalah media foto, gambar, poster, komik, majalah, buku, dan juga miniatur.

– Media audio

Merupakan media yang bisa didengarkan saja dan membutuhkan kepekaan indera pendengaran berupa telinga sebagai salurannya. Contoh media audio adalah lagu, alat musik, siaran radio, dan juga kaset suara.

– Media audio visual

Merupakan media yang bisa didengar dan juga dilihat bersamaan. Media ini mengandalkan kepekaan indera pendengaran dan juga penglihatan secara bersamaan. Contoh dari media audio visual ini adalah drama, film, televisi, dan juga VCD. Bahkan internet saat ini juga menjadi salah satu bentuk media audio visual yang berkembang di masyarakat yang mampu menyajikan semua jenis format media dalam satu paket yang lebih dikenal sebagai multimedia.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: