Pengertian Masyarakat Multicultural dan Ciri-cirinya

Pengertian masyarakat multicultural menurut J.S. Furnivall ialah masyarakat yang terbentuk dari beberapa elemen yang pada dasarnya hidup secara sendiri-sendiri dan tanpa adanya pembauran diantara satu dengan yang lainnya dalam kesatuan politik. Selain menurut pendapat ahli di atas, masyarakat multicultural juga diartikan merupakan masyarakat yang telah terbagi menjadi beberapa sub-sistem yang mana berdiri dan diantara subsistem tersebut, masing-masing saling terikat dengan satu kesatuan primodial. Dari kedua pengertian mengenai masyarakat multicultural tersebut, hal yang perlu anda ketahui kaitannya dengan masyarakat multicultural ialah bahwa masyarakat tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dan kemudian membuat kesatuan dalam satu ikatan sosial masyarakat yang baru.

Ciri-ciri Masyarakat multikultural

Setelah anda mengetahui kaitannya dengan pengertian masyarakat multicultural, hal lainnya yang bisa anda ketahui mengenai masyarakat multicultural ialah ciri-ciri atau karakteristik masyarakat tersebut ialah bahwa masyarakat tersebut mempunyai struktur budaya yang terdiri lebih dari satu struktur budaya.

Selain itu,karakteristik selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah bahwa nilai-nilai dasar yang ada pada masyarakat ini, sulit berkembang. Hal lain yang bisa anda ketahui kaitannya dengan masyarakat yang beranekaragam ini ialah bahwa akan mudah sekali terjadi gesekan yang mana masalah yang umum memicu ialah karena masalah SARA.

Selain itu, jika berbicara mengenai struktur sosial dari masyarakat yang beraneka raga mini ialah bahwa struktur sosial yang ada bersifat non-komplementer. Hal lainnya ialah bahwa proses integrasi yang berjalan pada masyarakat multicultural ini juga berjalan cukup lambat. Selain itu, pada masyarakat sosial juga sering terjadi yang namanya penguasaan atau dominasi mengenai sosial budaya, politik, dan ekonomi.

Itulah hal-hal yang bisa anda ketahui kaitannya dengan pengertian masyarakat multicultural. Masyarakat tersebut memang akan mudah terjadinya konflik. Namun demikian, jika pihak yang berkuasa atau pemerintah bisa mengelola perbedaan latar belakang masyarakat tersebut, maka hal tersebut bisa menjadi persatuan yang indah yang mana bisa membangun suatu bangsa untuk bisa lebih maju dan Berjaya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: