Pengertian Marketing,Fungsi dan Tugasnya

Pengertian marketing adalah suatu rangkaian atau kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan dari konsumen. Marketing ini memiliki cara yang berbeda-beda seperti membuat produk, menentukan harga produk, tempat penjualan produk dan juga bagaimana mempromosikan produk tersebut. Selain itu ada definisi marketing yang menjelaskan bahwa kegiatan ini berkaitan untuk mengetahui keinginan konsumen sehingga perusahaan mengembangkan produk, harga, pelayanan serta promosi agar kebutuhan konsumen terpenuhi.

Sebagai salah satu bentuk kegiatan yang memang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka hal itu sangat erat kaitannya dengan kegiatan pada kehidupan sehari-hari. Karena konsumen adalah target awal dari kegiatan ini, biasanya mereka dihadapkan pada banyak pilihan produk yang memang akan mereka beli. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula pilihan produk yang ada di pasaran. Namun hal ini juga tidak menyimpang dari fungsi marketing itu sendiri berdasarkan pengertian marketing.

Fungsi marketing

Fungsi definsi dari marketing sangat banyak dilakukan karena memang kegiatan ini berhubungan dengan konsumen dan produsen. Keduanya saling membutuhkan dan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk fungsi marketing bisa sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan juga perantara. Ketiga fungsi marketing ini sangat berbeda-beda tugasnya. Misal saja pada fungsi pertukaran adalah konsumen membeli barang produsen baik menukar uang dengan barang. Sedangkan fungsi distribusi fisik adalah penyebaran barang untuk konsumen melalui berbagai jalur. Dan fungsi perantara yaitu terjadinya perantara dari produsen ke konsumen melalui beberapa pihak.

Tugas marketing

Tidak hanya fungsinya saja, penjelasan dari marketing ini juga memiliki tugasnya sendiri yaitu untuk memperkenalkan produk dari perusahaan tersebut, menghasilkan pendapatan untuk perusahaan dengan cara menjual, menjalin hubungan baik antar masyarakat sebagai konsumen, dan menyampaikan informasi kepada perusahaan sebagai salah satu meningkatkan kualitas produk yang dijual.

Itulah pengertian marketing yang bisa dijadikan salah satu informasi atau referensi untuk Anda. Marketing memang menjadi salah satu peran penting dari proses jual beli dari produsen ke konsumen. Semua jenis kegiatan marketing sangat bermanfaat untuk kedua belah pihak.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: