Pengertian Manajer, Tugas Dan Tingkatannya

Dalam dunia pekerja, anda tentu sudah tidak asing dengan kata manajer, sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajer tersebut? Pengertian manajer adalah seseorang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan baik yang diakui organisasi untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur dan mengembangkan organisasi dalam rangkai mencapai tujuannya.

Secara garis besar definisi manajer ialah seseorang yang dapat mengarahkan orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan ataupun pekerjaan tersebut.

Tugas Manajer

Jika dilihat dari pengertian manajer tadi, dapat terlihat betapa posisi ini merupakan posisi yang penting. Tak heran bila pemegang posisi ini memiliki banyak tugas yang menjadi tanggung jawabnya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Tugas utama seorang manager adalah memimpin sebuah organisasi misalnya saja sebuah perusahaan. Selain menjadi seorang pemimpin, seorang manajer juga harus dapat mengatur dan mengendalikan organisasi tersebut.
  2. Seorang manajer juga dituntut untuk dapat mengembangkan organisasi, tidak hanya monoton tanpa ada sebuah perkembangan. Sebagai manajer handal, sangatlah perlu untuk mampu menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki organisasi, dan berkembang secara maksimal. Tugas tugas manajer selain mengembangkan, juga harus mampu mengawasi dan mengendalikan organisasi.
  3. Manajer profesional harus dapat mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh organisasi, sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan kepada siapa saja. Dengan hal ini rasa tanggung jawab yang penuh akan tumbuh dalam diri seorang manajer.
  4. Melakukan evaluasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan juga menjadi tugas seorang manajer.

Tingkatan Manajer

Banyaknya tugas yang diemban oleh seorang manajer, membuatnya terbagi menjadi beberapa kelompok. Ada tiga tingkatan manajer yang dapat anda ketahui, pertama adalah manajer lini pertama atau first line management. Dimana merupakan tingkatan terendah dalam posisi manajer.

Kedua adalah manajer tingkat menengah atau middle management, menempati posisi ditengah manajer ini juga menjadi jalan penghubung manajer pertama dan ketiga.

Selanjutnya adalah manajer puncak atau top management, manajer inilah yang memiliki kekuasaan penuh dalam organisasi.

Itulah kupasan kita tentang pengertian manajer, tugas dan juga tingkatannya. Pentingnya posisi ini membuatnya selalu menjadi rebutan dalam sebuah organisasi seperti perusahaan. Meski menjadi rebutan, namun tanggung jawab yang diemban tidak dapat dianggap remeh.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: