Pengertian Managemen Sumber Daya Manusia, Fungsi dan Tugasnya

unsur manajemen

Dikutip dari wikipedia, pengertian managemen sumber daya manusia atau yang sering disingkat dengan MSDM merupakan sebuah ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan serta peranan sumber daya yang dimiliki individu secara efektif dan efisien dan dapat digunakan secara maksimal hingga tercapai tujuan maksimal bersama perusahaan, karyawan, dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM tersebut didasari sebuah konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin dan juga bukan semata mata menjadi sumber daya.

Fungsi Dan Tugas Sumber Daya Manusia

Ada beberapa fungsi managemen sumber daya manusia, yang pertama adalah untuk melakukan persiapan dan seleksi dalam tenaga kerja. Pada fungsi yang pertama tersebut, MSDM membutuhkan beberapa proses yakni persiapan, rekrutmen tenaga kerja dan seleksi tenaga kerja. Pada proses persiapan, SDM akan melakukan perencanaan kebutuhan dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul.

Setelah tersusunnya lowongan, akan dilakukan rekruitmen atau proses untuk mencari tenaga kerja atau kandidat pegawai, buruh, manager, dan tenaga kerja lainnya untuk memenuhi lowongan pada perusahaan tersebut. Barulah masuk pada proses pencarian tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat yang ada. Dilihat dari pengertian managemen sumber daya manusia tadi proses ini dikenal dengan seleksi mencari yang terbaik diantara yang baik.

Fungsi dan tugas managemen sumber daya manusia selanjutnya adalah pengembangan dan evaluasi karyawan. Setiap sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan, haruslah menguasai tugas serta tanggung jawab yang diberikan. Mengingat hal tersebut sangat membutuhkan sebuah evaluasi pada setiap sumber daya manusia agar memperoleh hasil maksimal.

Dan untuk fungsi terakhirnya adalah memberikan kompensasi dan perlindungan pada pegawai. Imbalan atau kinerja sumber daya manusia tersebut harus terpenuhi, mengacu pada artinya tadi, kompensasi sesuai pasar serta perlindungan pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang dan baik adalah sebuah hal yang penting diantara berbagai tugas, fungsi serta tanggung jawab yang dimiliki.

Tentu setelah membaca pengertian managemen sumber daya manusia serta beragam fungsinya tersebut anda telah memahami pentingnya MSDM bukan? Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar MSDM berjalan dengan baik, lancar dan berhasil secara maksimal.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: