Pengertian Tentang Mahkamah Agung Dan Berbagai Fungsinya

Pengertian Mahkamah Agung atau sering disingkat dengan MA adalah sebuah lembaga Tertinggi di dalam sistem tata negara Republik Indonesia dalam kekuasaan kehakiman. Mahkamah Agung merupakan sebuah lembaga tinggi yang membawahi berbagai badan peradilan. Badan-badan peradilan tersebut anatara lain seperti peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara.

Di Negara Republik Indonesia ini, Mahkamah Agung merupakan lembaga tinggi dalam kekuasaan kehakiman yang bersama dengan Mahkamah Konstitusi. Lembaga tinggi negara di bidang kehakiman ini adalah salah satu lembaga yang bebas dari berbagai macam cabang kekuasaan lembaga lainnya. Dengan demikian, maka Mahkamah Agung ini berdiri sendiri dan bebas dari intervensi lembaga manapun.

Fungsi Mahkamah Agung

Secara umum, pengertian Mahkamah Agung atau disingkat MA merupakan sebuah lembaga tertinggi di bidang kehakiman. Oleh karena hal tersebut, Mahkamah Agung mempunyai beberapa fungsi. Salah satu fungsi Mahkamah Agung adalah di Bidang peradilan. Dalam fungsi ini, Mahkamah Agung memiliki wewenang untuk memberikan keputusan mengenai sebuah sengketa.

Selain fungsi peradilan, Mahkamah Agung juga memiliki fungsi lain. Adapun fungsi lain dari Mahkamah Agung yaitu fungsi pengawasan, mengatur, menasehati, dan berbagai fungsi lainnya. dengan berbagai fungsi tersebut, maka Mahkamah Agung merupakan sebuah lembaga yang sangat penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Susunan Mahakamah Agung di Indonesia

Menurut pengertian Mahkamah Agung yang mana merupakan lembaga tinggi yang berperan dalam hal kehakiman, maka keputusan yang dihasilkan oleh lembaga tinggi negara ini bebas dari intervensi pihak manapun. Mahkamah merupakan sebuah lembaga tertinggi bidang kehakiman yang berada di Indonesia yang berwenang memberi keputusan final suatu masalah atau perkara. Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka Mahkamah Agung terdiri dari struktur organisasi yang rapi.

Dalam pengertian Mahkamah Agung sebagai Lembaga tinggi negara, maka dalam lembaga ini terdapat sebuah struktur yang jelas. Susunan pengurus Mahkamah Agung di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini terdiri dari pimpinan, hakim anggota, kepaniteraan Mahkamah Agung, dan sekertariat Mahkamah Agung. Dengan adanya susunan kepengurusan Mahkamah Agung yang jelas ini, maka akan mempermudah kinerja Mahkamah Agung sebagai lembaga kehakiman tertinggi di Negara Indonesia.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Tentang Mahkamah Agung Dan Berbagai Fungsinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: