Pengertian Magnet, Sifat, Bentuk dan Manfaatnya

Pengertian magnet merupakan kemampuan sebuah benda dalam menarik benda lain yang berada disekitarnya. Magnet pertama kali di temukan oleh orang Yunani pada tahun 600 sebelum masehi. Sebuah magnet memiliki gaya yang dapat menjadikan benda untuk menempel pada magnet tersebut. Biasanya sebuah magnet akan mampu menarik benda-benda yang terbuat dari logam.

Sifat-Sifat Magnet

Magnet merupakan sebuah benda yang dapat menarik benda lain. Sifat yang satu ini pasti dimiliki oleh setiap magnet. Sifat magnet pada dasarnya dapat menarik semua benda yang terbuat dari logam. Hal ini merupakan sifat utama dari sebuah magnet. Selain hal tersebut, masih ada lagi sifat-sifat dari magnet. Misalnya saja setiap magnet akan hilang sifat kemagnetannya jika dibakar atau dibanting, magnet punya dua kutub yaitu kutub utara dan selatan, kutub magnet yang sama kan saling tolak menolak, dan berbagai macam sifat magnet lainnya.

Bentuk-Bentuk Magnet

Pada dasarnya, pengertian magnet adalah sebuah benda yang memiliki kemampuan untuk menarik benda lain. Magnet sendiri memiliki berbagai macam bentuk, bentuk sebuah magnet ada seperti balok yang panjang, maka magnet tersebut disebut magnet batang. Selain itu terdapat pula magnet jarum, magnet silinder, magnet cincin dan magnet U atau sering disebut magnet ladam. Setiap bentuk magnet tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Manfaat Magnet Kehidupan

Magnet merupakan sebuah benda yang memiliki sifat mampu menarik benda lain. Dengan kata lain, sebuah yang memiliki sifat elektromagnetik dapat dikatakan sebagai magnet. Benda yang memiliki gaya elektromagnetik akan mampu menarik benda lain yang terbuat dari logam. Dengan kemapuannya tersebut,maka banyak manusia yang memanfaatkan magnet dalam kehidupan mereka.

Setelah mengetahui pengertian magnet yang menarik benda logam, maka sebuah magnet juga memiliki berbagai manfaat bagi manusia. Manfaat magnet bagi kehidupan misalnya pada pengeras suara atau speakaer. Di dalam sebuah speaker terdapat sebuah magnet yang berperan dalam menghasilkan suara. Selain pada speaker, magnet juga digunakan pada mikrofon, pintu kulkas, kompas, dynamo sepeda, dan lain sebagainya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: