Mengenal Berbagai Gaya Dalam Sebuah Lukisan

Definisi atau pengertian lukisan adalah sebuah karya seni yang dalam pembuatannya dilakukan dengan cara memulaskan cat dengan kuas, pisau palet dan lain sebagainya yang dalam pemulasan memakai berbagai warna dan gradasi dengan komposisi dan kedalaman tertentu dari sebuah warna dalam sebuah pelarut dan pengikat serta air sebagai pengencernya. Dalam sebuah lukisan, gen pengikat berupa minyak linen dan untuk pengencernya berupa terpenting pada sebuah bidang datar, misalnya pada dinding atau kanvas. Dalam hal pembuatan karya seni lukis ini, seorang pelukis dituntut untuk mampu memadukan berbagai macam warna. Selain dapat memadukan beragam warna, seorang seniman lukis juga harus melukis dengan perasaan yang mendalam, sehingga dapat menghasilkan lukisan yang indah.

Sebuah lukisan yang diciptakan oleh seorang pelukis biasanya memiliki nilai seni yang tinggi. Hal ini disebabkan seorang pelukis dalam proses pembuatannya harus dengan jeli dan teliti dalam setiap perpaduan warna. Selain itu, seorang pelukis juga harus memiliki imajinasi yang tinggi. Dengan kejelian dan ketelitian serta imajinasi yang tinggi,maka sebuah karya lukisan akan tampak mempesona dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Macam Gaya Lukisan

Dalam pembuatan lukisan, seorang seniman biasanya memiliki ciri sebuah gaya lukisan. Gaya lukisan dalam dalam pengertian lukisan ini ada tiga, yaitu representatif, nonrepresentatif dan depormatif. Gaya lukisan representatif merupakan sebuah perwujudan dari gaya dalam seni rupa yang menggunakan pada alam dan kehidupan di masyarakat. Gaya seni yang termasuk dalam representatif yaitu naturalism, romantisme dan realisme.

Gaya yang kedua adalah nonrepresentatif. Gaya representatif dalam pengertian lukisan merupakan hasil lukisan yang bentuknya sulit dikenali. Tokoh dari gaya lukis nonrepresentatif ini adalah But Mochtar, Amry Yahya, Fajar Sidik dan Sadali. Jenis gaya lukis yang ketiga yaitu gaya deformatif. Gaya deformatif memiliki definisi sebagai sebuah karya lukis yang berubah dari bentuk aslinya sehingga menghasilkan bentuk baru, akan tetapi tetap menggunakan bentuk dasar dari aslinya. Adapun aliran lukis yang termasuk dalam gaya lukisan deformatif ini yaitu impressionisme, ekspresionisme, surialisme dan kubisme.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: