Pengertian Linux, Sejarah Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Dari segi namanya, arti linux sendiri merupakan nama yang diberikan pada sebuah sistem operasi komputer dengan tipe Unix. Dan dari segi kegunaannya, pengertian linux adalah sebuah software sistem operasi gratis yang bersifat open source dan untuk disebarluaskan dengan lisensi GNU.

Linux ini adalah turunan dari Unix yang bisa bekerja di berbagai jenis perangkat keras komputer, seperti interx86 hingga RISC. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa linux ini merupakan hasil pengembangan dari perangkat lunak bebas dan juga sumber terbuka utama.

Sejarah Linux

Menilik dari sejarahnya, pada awalnya linux ini dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa asal Finlandia. Linux ini dulunya merupakan sebuah proyek hobi yang terinspirasi dari Minix, sebuah sistem UNIX kecil hasil pengembangan Andrew Tanenbaum. Versi pertamanya yaitu versi 0.01 dikerjakan pada tahun 1991, sekitar bulan Agustus.

Lalu pada awal Oktober di tahun yang sama, Linus merilis versi resminya yaitu Linux versi 0.02 dan hanya bisa digunakan untuk menjalankan Shell bash dan GCC. Namun kini, seperti yang sudah sedikit dijelaskan pada pengertian linux bahwa Linux sudah menjadi sistem yang sangat lengkap dan bisa digunakan untuk banyak hal seperti jaringan, pengembangan software hingga untuk pekerjaan sehari-hari. Linux juga menjadi alternatif sistem operasi murah di antara sistem operasi komersial lainnya.

Kelebihan Linux

Linux memiliki beberapa kelebihan yang di antaranya adalah bersifat open source sehingga bisa didapatkan secara gratis, dan juga mudah dioperasikan. Kemudian linux juga sudah menjangkau hampir semua aplikasi windows.

Linux juga memiliki sistem keamanan unggul karena desainnya multiuser dan linux juga sangat cocok untuk PC dengan spesifikasi minimum karena resource yang dibutuhkan lebih kecil dibanding windows. Kelebihan linux yang lainnya adalah bisa berjalan dalam 2 mode, jarang crash, memiliki komunitas di penjuru dunia, dan memiliki pilihan yang bervarian.

Kekurangan Linux

Selain kelebihan, linux juga memiliki kekurangan yang di antaranya adalah banyak user belum terbiasa dengan linux, proses instalasi yang cukup ribet, aplikasinya belum seampuh windows, serta hak akses dan struktur direktori yang cukup membingungkan. Sekian ulasan pengertian linux beserta sejarah, kelebihan dan kekurangannya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Linux, Sejarah Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: