Pengertian Dan Jenis Lingkungan Di Sekitar Makhluk Hidup

Pengertian lingkungan adalah sesuatu yang terdapat di suatu tempat di muka bumi. Menurut para ahli, lingkungan memiliki arti suatu sistem yang sangat komplek, dimana setiap komponen saling berhubungan timbal balik satu antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Di dalam sebuah lingkungan terdapat komponen-komponen, seperti tanah, makhluk hidup, air, udara, dan berbagai macam komponen lainnya. Komponen yang ada di lingkungan tersebut saling berinteraksi satu sama lainnya, sehingga menimbulkan hubungan saling ketergantungan.

Macam-Macam Lingkungan

Secara umum, pengertian lingkungan adalah segala hal yang ada pada suatu tempat. Menurut para ahli, sebuah lingkungan di bagi menjadi dua macam. Jenis lingkungan tersebut yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik adalah sebuah komponen di alam yang berupa makhluk hidup. Contoh dari lingkungan biotik ini yaitu mikroba, tumbuhan, binatang dan lain sebagainya.

Selain lingkungan biotik, terdapat jenis lingkungan lain, jenis lingkungan yang kedua yaitu abiotik. Pengertian lingkungan abiotik adalah merupakan komponen yang terdapat di alam berupa benda mati. Walaupun komponen ini benda mati, tetapi tetap berpengaruh bagi kelangsungan makhluk hidup. Contoh dari lingkungan abiotik ini yaitu air, udara, tanah, dan berbagai benda mati lainnya.

Fungsi Sebuah Lingkungan Bagi Makhluk Hidup

Dalam kehidupan, sebuah lingkungan memiliki sebuah fungsi yang amat penting bagi makhluk hidup di dalamnya. Setiap makhluk hidup pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya lingkungan.semua makhluk hidup dimuka bumi ini sangat menggantungkan hidup terhadap lingkungan sekitar mereka. Salah satu Fungsi lingkungan bagi makhluk hidup adalah sebagai tempat tinggal. Dengan adanya lingkungan, maka makhluk hidup bisa tinggal di dalam.

Pada dasarnya, pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di suatu tempat. Oleh karena itu. Lingkungan memiliki peran penting. Selain fungsi di atas, masih ada fungsi lingkungan yang lain. Fungsi lingkungan yang kedua yaitu sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Contoh pemenuhan kebutuhan makhluk hidup tersebut misalnya, suatu hewan memerlukan air di lingkungan sekitar untuk minum. Dengan kata lain, makhluk hidup sangat tergantung terhadap lingkungan sekitar mereka.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Dan Jenis Lingkungan Di Sekitar Makhluk Hidup | Admin | 4.5
%d bloggers like this: