Pengertian Letak Geografis Beserta Letak Geografis Indonesia Dan Keuntungannya

Ditinjau secara umum, pengertian letak geografis adalah letak dari suatu daerah yang dilihat dari posisi nyatanya di bumi atau posisi daerah tersebut yang ada pada bola bumi dengan dibandingkan bersama posisi dari daerah lain. Letak geografis itu sendiri ditentukan juga oleh beberapa segi lain yaitu segi geologis, astronomis, fisiografis dan juga sosial budaya.

Dalam hal ini, tanah air kita Indonesia memiliki letak geografis yang menguntungkan karena posisinya yang strategis yaitu antara 2 benua, Benua Asia dengan Benua Australia, dan juga berada di antara 2 Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Untuk mengetahuinya lebih mendetail, simak ulasan ini sampai tuntas.

Letak Geografis. Astromis dan Geologis Indonesia

Seperti dalam pengertian letak geografis yang merupakan letak atau posisi dari suatu daerah pada bola bumi yang juga ditentukan oleh segi astronomis, geografis dan geologis, maka secara astronomi Indonesia berada di antara 6o LU atau Lintang Utara – 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Jadi dari segi posisi astronomis, Indonesia berada di kawasan beriklim tropis dan juga terletak di kawasan belahan timur bumi. Lalu secara geografis, seperti yang tadi sudah sedikit dijelaskan bahwa Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Terakhir secara geologis. Pengertian letak geologis adalah letak dari suatu wilayah yang dilihat dari keadaan geologinya. Dalam hal ini, Indonesia berada di antara dan menjadi pertemuan dari 2 rangkaian pegunungan muda yaitu pegunungan sirkum mediterania dan pegunungan sirkum Pasifik.

Keuntungan Indonesia Berdasarkan Letak Geografisnya

Dari definisi letak geografis Indonesia tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Kepulauan Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis yang memberikannya keuntungan sebagai jalur ekonomis yang menghubungkannya dengan negara lain. Keuntungan yang bisa didapatkan antara lain adalah Indonesia bisa menjadi jalur persimpangan atau lalu lintas dunia.

Selain itu, Indonesia juga bisa menjadi titik persilangan dari kegiatan ekonomi dunia, yaitu sebagai jalur perdagangan negara-negara berkembang dan negara-negara industri. Sekian pengertian letak geografis Indonesia. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Letak Geografis Beserta Letak Geografis Indonesia Dan Keuntungannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: