Pengertian Lembaga Keuangan Beserta Peranan Dan Jenisnya

Pengertian lembaga keuangan adalah badan usaha yang mengumpulkan aset dalam bentuk dana dari masyarakat kemudian disalurkan untuk pendanaan proyek pembangunan maupun kegiatan ekonomi agar memperoleh hasil dalam bentuk bunga sebesar prosentase tertentu dari besaran dana yang disalurkan tadi. Setiap badan usaha yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkan dana maupun keduanya dikenal juga sebagai lembaga keuangan.

Peranan Lembaga Keuangan

Badan usaha yang bergerak pada bidang keuangan, pasti memiliki peranan, sama halnya dengan peranan lembaga keuangan.

Assets transmutation

Assets transmutation atau pengalihan aset merupakan salah satu peranan lembaga keuangan. Lembaga keuangan memiliki aset dalam bentuk pinjaman kepada pihak lain yang ditentukan dalam jangka waktu tertentu. Dana pembiayaan aset tersebut diperoleh dari tabungan masyarakat.

Liquidity

Liquidity atau likuiditas sangat berkaitan erat dengan kemampuan memperoleh uang tunai pada saat dibutuhkan. Sesuai dengan pengertian lembaga keuangan, tentu ini peranan yang cukup penting bagi lembaga keuangan.

Income reallocation

Peranan penting lainnya adalah sebagai income realocation atau realokasi pendapatan. Dari peranan ini lembaga keuangan berpesan sebagai tempat realokasi pendapatan guna persiapan di masa yang akan datang.

Transaction

Lembaga keuangan juga berperan menyediakan jasa untuk mempermudah transaksi moneter.

Jenis Jenis Lembaga Keuangan

Ada dua jenis lembaga keuangan, yakni lembaga keuangan bank dan bukan bank. Lembaga keuangan bank ini terdiri dari bank sentral, bank umum dan juga bank perkreditan rakyat. Bank sentral dikendalikan oleh bank Indonesia sebagai penjaga kestabilan perekonomian masyarakat.

Untuk bank umum mampu memberikan layanan jasa dalam lalu lintas pembayaran, sedangkan bank perkreditan rakyat (BPR) adalah lembaga keuangan yang menerima simpanan berbentuk deposito berjangka. Lembaga yang bukan bank sendiri adalah suatu badan usaha yang melakukan sebuah kegiatan dibidang keuangan dengan menghimpun dana dengan mengeluarkan kertas berharga sebagai penyalur membayar investasi perusahaan.

Itulah sedikit ulasan kita mengenai pengertian lembaga keuangan, peranan serta jenisnya. Kini tentu anda telah sedikit memahami mengenai lembaga keuangan bukan? Lembaga keuangan ini sangat penting bagi pergerakan ekonomi masyarakat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, terima kasih.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: