Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan Dan Jenisnya

Pengertian laporan keuangan adalah catatan informasi mengenai keuangan suatu perusahaan dalam satu periode tertentu, sehingga bisa menggambarkan kinerja dari sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi wajib memiliki laporan keuangan. Dibuat satu bulan sekali, sehingga tahu tentang arus keuangan dari sebuah perusahaan atau organisasi. Semua proses pemasukan, pengeluaran, utang dan piutang harus tertulis semua di laporan keuangan.

Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan laporan keuangan untuk memberikan sebuah informasi mengenai posisi keuangan, arus kas dan kinerja dari perusahaan. Sehingga bisa digunakan dalam sebuah laporan laba rugi perusahaan. Laporan keuangan bisa menunjukkan kewajiban yang harus dibayar, aset, perusahaan, pendapatan dan bebas, kerugian dan keuntungan serta arus kas. Informasi yang dituliskan bisa lebih mudah dipelajari.

Tanpa adanya laporan keuangan, anda tidak tahu cara yang tepat mengatur keuangan. Sebenarnya laporan keuangan tidak hanya digunakan pada sebuah perusahaan. Kita pribadi, juga wajib memiliki laporan keuangan. Sehingga pengeluaran kita lebih terkontrol.

Jenis Laporan Keuangan

Dari pengertian laporan keuangan dan tujuannya, laporan keuangan dibagi menjadi beberapa jenis. Ada laporan laba rugi yang digunakan untuk melihat keuntungan atau kerugian yang didapatkan perusahaan didalam satu periode akuntansi, sehingga anda tahu langkah pemasaran apa yang harus dilakukan di periode selanjutnya.

Ada laporan perubahan modal yang digunakan untuk mengetahui informasi perubahan modal di perusahaan dalam satu periode akuntansi. Anda jadi tahu modal yang anda miliki bertambah atau berkurang.

Jenis yang ketiga adalah laporan neraca yang menunjukkan jumlah utang, harta, dan modal dari perusahaan. Jadi anda tahu keseimbangan dari keuangan perusahaan. Ada yang namanya laporan arus kas yang berisi laporan keuangan masuk dan keluar. Nanti hasilnya anda tahu berapa saldo akhir kas yang anda miliki. Semua pengeluaran dan pemasukan harus ditulis dengan jelas.

Di dalam laporan keuangan, juga terdapat catatan laporan keuangan yang berisi catatan penting mengenai semua informasi dari laporan yang ditulis. Setiap bulannya sebuah perusahaan wajib untuk menulis laporan keuangan. Supaya tahu pendapatan yang didapatkan. Sekian artikel tentang pengertian laporan keuangan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan Dan Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: