Pengertian Kualitatif Dan Sekilas Tentang Penelitian Kualitatif

Kualitatif dan kuantitatif, kedua kata ini sering anda dengar. Terutama jika anda melakukan sebuah penelitian. Kualitatif berhubungan dengan kata-kata sedangkan kuantitatif berhubungan dengan angka-angka. Dalam ulasan kali ini, kami tidak akan membahas kuantitatif, tetapi kualitatif. Terutama pengertian kualitatif dan beberapa hal yang menyangkut penelitian kualitatif. Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian kualitatif dan penelitian kualitatif

Pengertian kualitatif secara umum adalah sebuah nilai yang dikandung oleh sesuatu atau sebuah benda, dimana penilaian yang dilakukan akan berdasarkan pada mutu dan kualitas yang terkandung di dalamnya. Sedangkan pengertian dari penelitian kualitatif adalah penelitian yang memiliki tujuan utama untuk memperoleh wawasan tentang topik tertentu. Biasanya, Teknik yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara dan observasi.

Pengertian kualitatif intinya adalah untuk mengetahui suatu penilaian berdasarkan mutu dan kualitas berdasarkan topik tertentu.

Jika membahas tentang penelitian kualitatif, maka tentu saja ada yang membedakannya dengan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif berawal dari sebuah teori yang digunakan, pencarian dan pengolahan data serta berakhir pada penerimaan ataupun penolakan teori yang digunakan berdasarkan data yang telah diperoleh. Sedangkan penelitian kualitatif berawal dari data, memanfaatkan sebuah teori yang ada sebagai referensi lalu berakhir dengan sebuah teori baru.

Dalam pengertian kualitatif, sudah dibahas bahwa penelitian kualitatif ini dilakukan dengan tujuan utama untuk memperoleh wawasan, jadi memang sebaiknya penelitian kualitatif ini disajikan dan dilakukan dengan cara lebih mendalam.

Dalam penelitian kualitatif, seorang peneliti memang sebaiknya ikut serta dalam sebuah peristiwa yang akan diteliti atau melakukan observasi langsung di lapangan. Hasil dari penelitian kualitatif ini bersifat subjektif, artinya tidak dapat digeneralisasikan atau berlaku umum.

Ada dua macam metode dalam penelitian kualitatif, yaitu wawancara dan observasi. Awalnya peneliti akan terlibat dan melakukan observasi langsung terhadap sebuah peristiwa yang akan diteliti dan juga melakukan sebuah wawancara pada sebuah kelompok kecil secara mendalam. Peserta biasanya akan diminta untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai persepsi, pendapat serta perasaan mereka mengenai suatu topik penelitian.

Itulah pengertian kualitatif, serta ulasan singkat mengenai penelitian kualitatif.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Kualitatif Dan Sekilas Tentang Penelitian Kualitatif | Admin | 4.5
%d bloggers like this: