Pengertian Kreatif Dan Ciri-Ciri Orang Kreatif

Pengertian kreatif sendiri adalah kemampuan atau daya untuk menciptakan suatu hal atau cara baru dari hal-hal yang sebelumnya sudah ada. Contohnya seperti usaha pembuatan tas dari bahan Koran bekas, jam tangan dari bahan bambu dan lain sebagainya. Selain itu, Definisi kreatif adalah adalah memiliki daya cipta atau kemampuan untuk meciptakan suatu hal yang baru. Hal baru tersebut sendiri bisa berupa sebuah gagasan atau juga sebuah kenyataan yang cenderung berbeda dengan kenyataan yang sebelumnya telah ada. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kreatif diartikan sebagai punya daya cipta, mampu menciptakan atau bersifat daya cipta.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian kreatif menurut para ahli yaitu menurut Conny R. Semiawan, kreatif merupakan kemampuan untuk melahirkan suatu gagasan yang baru dalam memecahkan sebuah masalah. Kemudian menurut Havvel, kreatif adalah kemampuan untuk melahirkan suatu komposisi atau system yang baru.

Sedangkan menurut Anderos, pengertian kreatif adalah proses pemikiran yang dapat membantu dalam mencetuskan dan melahirkan berbagai gagasan yang baru dan merupakan sifat yang terbentuk dari suatu proses pengalaman sehingga orang tersebut akan terus memperbaiki dan terus mengembangkan dirinya.

Ciri-Ciri Orang Kreatif

Lalu bagaimana ciri-ciri orang kreatif? Orang yang kreatif umumnya cenderung akan terus menerus dan tak pernah berhenti untuk belajar mengenai sesuatu yang baru. Kemudian orang kreatif juga sangat suka berimajinasi sehingga bisa menarik ie atau gagasan untuk muncul. Orang kreatif juga cenderung selalu ingin tahu sehingga memotivasi mereka untuk belajar, menyelidiki dan mencari ide baru dari berbagai hal.

Jika mereka mengalami kegagalan, maka mereka akan memandangnya sebagai satu langkah untuk lebih maju mendekati kesuksesan karena dengan kegagalan ini, mereka akan terdorong untuk mencari ide baru untuk memecahkan masalah mengenai kegagalan tersebut.

Selanjutnya, orang kreatif juga akan selalu menghubungkan titik-titik sehingga dapat melahirkan sesuatu yang baru. Mereka juga selalu memiliki pertanyaan-pertanyaan yang besar sehingga mendorong untuk mencari jawaban-jawaban besar. Selain itu, karena pengertian kreatif adalah mampu menciptakan hal baru, maka tak heran jika salah satu sifat orang kreatif juga suka mencari pengalaman yang baru karena dapat memberikan inspirasi yang berbeda. Sekian


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: