Pengertian Korosi, Serta Faktor Dan Cara Pencegahannya

Jika mendengar kata korosi, mungkin yang ada di bayangan Anda adalah besi yang berkarat. Itu memang benar. Tetapi apakah Anda tau pengertian dari korosi yang sebenarnya? Selain pengertian korosi, ada juga penyebab korosi, cara pencegahan korosi serta mengenai korosi lainnya yang memang sebaiknya Anda tau. Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian dari korosi

Pengertian korosi adalah peristiwa perusakan logam karena terjadinya reaksi kimia antara logam dengan zat-zat yang terdapat di lingkungannya dan membentuk suatu senyawa yang tak dikehendaki. Beberapa contoh dari korosi ini adalah karat pada besi, memudarnya warna mengkilap pada perak serta munculnya warna kehijauan pada tembaga.

Setelah mengetahui pengertian korosi dan mengetahui beberapa contoh korosi dalam kehidupan sehari-hari, ternyata ada faktor-faktor yang dapat menyebabkan korosi, khususnya pada besi, yaitu:

  1. Konsentrasi air dan oksigen, dalam kondisi kelembapan yang lebih tinggi, besi akan menjadi lebih cepat berkarat. Sama halnya jika dalam air yang kadar oksigennya tinggi, besi juga akan menjadi cepat berkarat. Karena air dan oksigen berperan sebagai medium terjadinya korosi.
  2. pH atau tingkat keasaman, pada suasana atau lingkungan yang tingkat keasamannya kurang dari 7, proses terjadinya korosi akan menjadi lebih cepat dari pada dalam suasana netral atau basa.
  3. Keberadaan elektrolit, keberadaan elektrolit seperti garam pada medium korosi akan membuat proses korosi juga menjadi lebih cepat.
  4. Suhu, semakin tinggi suhu semakin cepat pula proses korosi.

Selain pengertian korosi, dan faktor penyebabnya, kita juga bisa mencegah dan memperlambat terjadinya korosi dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Pengecatan, fungsinya untuk melindungi besi dari kontak langsung dengan air dan udara. Pilih cat yang mengandung timbal dan seng.
  2. Dibalut plastik, fungsinya sama dengan pengecatan yaitu untuk mencegah terjadinya kontak langsung antara besi dengan air atau udara.
  3. Pelapisan dengan krom, krom memberikan lapisan pelindung pada besi dan membuatnya menjadi mengkilap.
  4. Pelapisan dengan timah, timah adalah salah satu logam yang tahan karat. Jadi lapisan timah ini akan melindungi besi selama lapisan timah ini masih bagus.

Itulah pengertian korosi serta faktor dan cara pencegahannya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Korosi, Serta Faktor Dan Cara Pencegahannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: