Pengertian Konsumsi dan Ciri-ciri Barang Konsumsi

Pengertian konsumsi adalah salah satu kegiatan manusia yang bertujuan untuk memanfaatkan atau menggunakan barang dan juga jasa yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Selain pengertian mengenai konsumsi tersebut, hal lainnya yang bisa anda ketahui mengenai konsumsi ialah suatu perbuatan atau aktivitas dalam menggunakan atau memakai suatu barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia. Dengan demikian, secara garis besar konsumsi merupakan salah satu aktivitas untuk menggunakan suatu barang atau jasa. Oleh karena itu, tujuan dari konsumsi ini ialah bahwa memenuhi kebutuhan manusia.

Ciri-ciri Barang Konsumsi

Setelah kita mengetahui kaitannya dengan pengertian konsumsi,hal lain yang bisa anda ketahui dari pembahasan ini ialah mengenai ciri-ciri dari barang konsumsi itu sendiri. Jika berbicara mengenai barang konsumsi, memang tidak semua barang termasuk dalam barang konsumsi. Adapun barang-barang yang termasuk dalam barang konsumsi ialah sebagai berikut. Berikut ini saya sampaikan ciri-ciri dari barang konsumsi tersebut.

Salah satu ciri barang konsumsi ialah bahwa barang tersebut mempunyai manfaat, volume dan juga nilai sehingga jika barang tersebut digunakan maka barang tersebut bisa habis sekaligus atau barang tersebut bisa habis secara berangsur-angsur.

Jika berkaitan dengan habis atau tidaknya barang tersebut, memang ada barang konsumsi yang habis sekali guna misalnya ialah makanan dan juga minuman. Namun ada juga barang yang tidak habis secara fisik namun habis secara manfaat misalnya ialah barang elektronik yang digunakan terus menerus namun kemudian rusak.

Selain itu, barang konsumsi juga sering digunakan sebagai salah satu barang untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Beberapa contoh barang ialah palu, cangkul, traktor dan yang lain merupakan barang produksi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ciri yang terakhir kaitannya dengan barang konsumsi adalah bahwa barang konsumsi diperoleh dengan suatu pengorbanan. Dengan demikian, barang ini diperoleh bukan dengan cara yang gratis sekalipun itu hanya udara yang kita hidup. Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui kaitannya dengan barang-barang konsumsi.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: