Pengertian Konservasi, Jenis dan Manfaatnya

Secara harfiah konservasi berasal dari kata Conservation dalam bahasa inggris yang artinya pelestarian atau perlindungan. Sedangkan pengertian konservasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk melestarikan alam. Disisi lain, definisi konservasi juga dipahami sebagai upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup namun tetap memperhatikan manfaat yang bisa didapatkan pada saat itu dengan tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen-komponen lingkungan hidup untuk pemanfaatan di masa yang akan datang.

Manfaat konservasi

Setelah memahami pengertian konservasi tentunya dapat disimpulkan bahwa tentunya konservasi memiliki manfaat tertentu. Dimana konservasi tentunya dilakukan untuk melindungi kekayaan ekosistem alam dan memelihara suatu proses -proses ekologi ataupun keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan.

Selain itu manfaat konservasi lainnya adalah untuk melindungi ekosisitem dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam, mikroorganisme. Manfaat konservasi selanjutnya adalah untuk melindungi spesies flora dan fauna yang langka atau hampir punah. Disisi lain konservasi juga untuk menjaga kualitas lingkungan agar tetap terjaga.

Jenis-jenis konservasi

Cagar alam merupakan salah satu jenis konservasi yang memiliki tujuan tertentu. Dimana cagar alam ini adalah suatu kawasan perlindungan alam yang mempunyai ciri khas, yaitu hewan dan tumbuhan yang perkembangannya bergantung pada alam.

Contoh cagar alam di Indonesia adalah cagar alam rafflesia di bengkulu atau cagar alam kawah Ijen di jawa Timur. Jenis konservasi selanjutnya adalah Taman nasional.

Dimana taman nasional ini memiliki fungsi sebagai perlindungan terhadap suatu sistem penyangga kehidupan dan perlindungan terhadap hewan dan tumbuhan serta pelestarian sumber daya alam. Contoh taman nasional diantaranya taman nasional di Pulau Komodo, atau Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Jenis konservasi lainnya adalah kebun Raya, yaitu suatu kumpulan tumbuh-tumbuhan dari berbagai daerah pada suatu tempat yang memiliki tujuan digunakan dalam ilmu pengetahuan ataupun tempat rekreasi alam. Contoh dari kebun raya adalah Kebun Raya Bogor, dan Kebun Raya Cibodas. Jenis konservasi yang terakhir adalah Taman laut.

Dimana taman laut ini adalah suatu wilayah lautan yang memiliki keindahan alam yang difungsikan untuk melindungi keanekaragaman hayati dilautan, misalnya Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian konservasi beserta manfaat dan jenisnya, semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Konservasi, Jenis dan Manfaatnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: