Pengertian Konjungsi Dan Macamnya

Pengertian konjungsi adalah sebuah kata penghubung yang akan menghubungkan antar kalimat, paragraf, dan juga klausa. Untuk penghubung klausa biasanya terdapat pada tengah kalimat, dan kata penghubung pada antarkalimat terletak pada bagian awal kalimat, misalnya tanda titik (.), tanda tanya (?), dan juga tanda seru (!). Adapun untuk kata penghubung antar paragraf dan berada pada awal paragraf.

Macam Konjungsi

Secara garis besar ada 3 macam konjungsi yang wajib kamu ketahui, yang pertama ada konjungsi antara klausa terbagi menjadi 3 bagian, konjungsi koordinatif yang akan menghubungkan antar 2 klausa bahkan lebih memiliki status dalam konjungsi yang setara bisa disebut sebagai sintaksis sama.

Misalnya atau, dan, tetapi. Kedua adalah konjungsi subordinatif dimana konjungsi ini menghubungkan 2 klausa bahkan lebih dan setiap sintaksis tidak pernah sama. Sebagai contohnya, andaikan, andaikata, seandainya, agar, supaya, biar, seakan-akan, sebab, karena dan lain sebagainya. Konjungsi korelatif, konjungsi yang memang menghubungkan dua kata, frasa, atau klausa. Sebagai contohnya, tidak hanya, jangankan pun, apa(kah) atau.

Konjungsi yang kedua, adalah konjungsi antar kalimat merupakan konjungsi penghubung dalam satu kalimat dengan kalimat lainnya. Dan setiap kali membuat kalimat jelas pada awal kalimat disertai dengan huruf kapital.

Konjungsi yang ketiga adalah konjungtif antar paragraf, kata ini menghubungkan antara paragraf satu dan paragraf lainnya. Dalam konjungsi ini bisa menjadikan sebuah paragraf yang koheren, unity dan juga sistematis. Sebagai contohnya terlebih lagi, disamping, tidak hanya sebagai dan lain sebagainya

Dari sini kamu bisa mempelajari banyak hal tentang konjungsi, sebab ini akan lebih mengarahkan bagaimana cara menuliskan sebuah kata yang disusun menjadi kalimat dan nantinya akan menjadi suatu paragraf yang menarik.

Maka dari sini konjungsi benar-benar sangat bermanfaat bagi pengetahuan apalagi kalau profesimu adalah seorang penulis dengan begitu kamu bisa memperbaiki diri bagaimana membuat penulisan terbaik sehingga pembaca pun tidak pernah merasa bosan.

Dalam hal ini pembelajaran untuk menjadi lebih baik ternyata sangatlah dibutuhkan guna untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Konjungsi Dan Macamnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: