Pengertian Konflik Menurut Beberapa Sudut, Teori dan Latar Belakang Konflik

Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa pengertian konflik adalah suatu proses social antara dua orang atau lebih (bisa juga suatu kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan orang lain sehingga semua upaya dan daya dilakukan untuk menghancurkan lawannya menjadi tak berdaya. Sekarang ini sudah banyak sekali konflik di masyarakat yang terjadi terus menerus sehingga membuat pertikaian antara kedua belah pihak ini menjadi semakin rumit dan bahkan bisa menyebabkan salah satu diantara mereka mengalami kematian.

Teori-teori konflik

Ada sekitar 3 teori tentang pengertian konflik yang sangat menonjol dalam ilmu social. Teori ini berasal dari G. Gerrets, yang menyatakan bahwa konflik merupakan tentang primiodialisme. Yang kedua yaitu Karl. Marx yang mengatakan bahwa konflik itu adalah pertentangan kelas. Dan yang terakhir adalah James Scott yang. James scot memiliki pendapat bahwa teori konflik ini adalah patron klien. Dari ketiga ahli itu memiliki pendapat tentang konflik yang masing-masing memiliki cirinya sendiri.

Latar belakang konflik

Terjadinya suatu konflik pastinya didasari atas beberapa latar belakang yang berbeda diantara kedua belah pihak sehingga terjadilah pertikaian tersebut. Definisi konflik yang di dasari atas latar belakang ini bisa terjadi diantaranya menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan masih banyak lainnya. karena setiap individu memiliki perbedaan ini maka bisa memungkinkan adanya konflik yang merasa tidak terima atas beberapa ciri yang sudah disebutkan maupun yang belum. Walaupun dikatakan wajar tetapi ada beberapa juga yang menjadi tidak wajar karena mengakibatkan kematian.

Akibat konflik

Pengertian konflik ini memang memiliki akibatnya sendiri. Beberapa akibat tersebut ada yang bisa meningkatkan solidaritas antar individu atau kelompok, merubah sikap individu, meretakkan hubungan antar kelompok atau individu yang berselisih, serta bisa menyebabkan kematian yang tragis. Semua akibat tersebut juga tergantung dari setiap individu atau kelompok bagaimana cara mereka menghadapi perselisihan tersebut. karena pada dasarnya beberapa konflik yang terjadi adalah hal yang sepele.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: