Pengertian Komunikasi, Fungsi Dan Jenisnya

Pengertian komunikasi merupakan sebuah proses penyampaian perasaan atau pikiran yang dilakukan oleh seseorang ke orang lain. Adanya komunikasi kita bisa menyampaikan suatu pikiran, ide, gagasan , perasaan ke orang lain. Entah itu secara lisan, tulisan dan lainnya.

Dengan perkembangan teknologi, alat bantu komunikasi juga semakin berkembang. Komunikasi seperti sebuah kebutuhan penting bagi manusia. Tanpa adanya komunikasi, manusia tidak dapat saling memahami satu sama lainnya.

Fungsi Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi memiliki fungsi yang banyak sekali. Berikut ini beberapa fungsi komunikasi:

  1. Komunikasi berfungsi untuk mengendalikan suatu perilaku dalam kehidupan manusia.
  2. Komunikasi berfungsi untuk menyampaikan atau memproses suatu informasi ke suatu individu atau kelompok dalam membuat suatu keputusan.
  3. Komunikasi berfungsi untuk mengungkapkan emosi seseorang ke orang lain. Supaya anda saling memahami satu sama lain dan tidak ada permusuhan.
  4. Komunikasi berfungsi untuk memberikan motivasi kepada seseorang, supaya lebih baik dan bisa menerima apa yang terjadi padanya.

Jenis Komunikasi

Diatas sudah mempelajari tentang pengertian komunikasi dan fungsi dari komunikasi. Lalu apa saja jenis dari komunikasi itu sendiri. secara umum komunikasi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal atau non verbal. Berikut ini penjelasannya:

Komunikasi verbal atau komunikasi lisan merupakan komunikasi yang dilakukan dengan kata-kata. Entah itu yang berupa tulisan atau diucapkan melalui mulut.

Komunikasi non verbal merupakan komunikasi yang memakai bahasa gerak atau bahasa tubuh. Komunikasi ini sering digunakan pada penderita, bisu atau tulis.

Perkembangan komunikasi semakin bagus dari tahun ke tahun. dulu orang menyampaikan komunikasi dengan telegram atau surat dalam waktu yang lama. Saat ini komunikasi lebih mudah. ada telepon atau ponsel yang mempermudah komunikasi jarak jauh.

Tapi masih banyak orang yang tidak bisa melakukan komunikasi dengan baik, sehingga terjadi kesalahpahaman. Oleh karena kemampuan dalam berkomunikasi menjadi hal yang sangat penting. Itulah sedikit informasi tentang pengertian komunikasi, fungsi dan jenisnya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: