Pengertian Komputer, Jenis Dan Fungsinya

Pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang digunakan mengolah data dengan prosedur yang sudah ditentukan. Kata komputer sendiri berasal dari kata compute yang artinya menghitung. Jadi komputer dulunya digunakan untuk membantu dalam bidang akuntasi. Membantu mempermudah kegiatan yang dilakukan manusia.

Fungsi Komputer

Fungsi komputer sendiri sangat banyak sekali. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Membuat fungsi komputer semakin berkembang. Komputer berfungsi untuk menggambar, menulis, mengedit, mengoperasikan sebuah program, membuat animasi, membuat simulasi, alat kontrol dan masih banyak lainnya.

Komputer dulu memiliki bentuk yang besar, sampai munculah PC (personal komputer) dengan ukuran yang lebih kecil. Bahkan dengan kemajuan teknologi.

Muncul mobile PC, dengan ukuran yang lebih kecil dan praktis. Kita biasa menyebutnya dengan laptop atau notebook. Mobile PC ini memiliki kelebihan bisa dibawa kemana-mana dan tidak perlu terhubung dengan listrik terus menerus.

Jenis Personal Komputer

Dari pengertian komputer diatas, kita bisa membagi jenis personal komputer menjadi beberapa bagian.

Mainframe

Jenis ini memiliki ukuran besar dan memiliki kecepatan antara 50-20.000 MFLOPS. Harga komputer ini sangat mahal. Sampai jutaan dollar. Digunakan untuk pemrosesan data dalam jumlah besar.

Super komputer

Jenis ini memiliki kecepatan proses data paling cepat. Digunakan untuk perhitungan sebuah masalah yang lebih kompleks. Misalnya untuk perancangan roket.

Works station

Work station merupakan mesin yang punya kemampuan perhtiungan software rumit. Memiliki kecepatan 50-500 mlops. Menggunakan sistem operasi NT atau UNIX.

Komputer mini

Komputer mini biasa disebut dengan sistem midrange. Jaringan terminalnya lebih sederhana. Sering digunakan pada server sebuah perusahaan. Kecepatan antara 3-1000 MLOPS.

Mikro komputer

Mikro komputer ini yang paling mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Biasa dikenal dengan personal komputer. Harganya lebih murah dan memiliki desain yang banyak. mikro komputer juga dibagi menjadi beberapa jenis. Ada dekstop PC, tower PC, notebook, handled PC, personal digital asisstand dan laptop.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian komputer, jenis dan fungsinya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: