Pengertian Kompensasi, Tujuan Dan Jenisnya

Pengertian kompensasi adalah semua pendapatan yang dihasilkan karyawan dalam bentuk barang, atau uang sebagai imbalan kepada perusahaan. Gaji yang anda dapatkan setiap bulannya, itu dinamakan sebagai kompensasi. Kompensasi ada yang berbentuk uang dan ada yang barang.

Besarnya juga berbeda-beda. Tergantung dengan ketentuan dari perusahaan tersebut. Kompensasi itu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian. Ada yang namanya upah, insentif yang diberikan sebagai tambahan gaji diluar gaji utama. Lalu ada tunjangan, misalnya tunjangan kesehatan dan ada fasilitas seperti mobil, tempat parkir khusus rumah dan lainnya.

Tujuan Kompensasi

Tujuan dari pemberian kompensasi tentunya banyak sekali. Menurut notoatmodjo berikut ini beberapa tujuan dari pemberian kompensasi pada karyawan.

  1. Sebagai jaminan keadilan bagi karyawan
  2. Untuk menghargai prestasi dari karyawan
  3. Bisa mendapatkan karyawan yang bermutu sesuai dengan besar gajinya
  4. Bisa membuat karyawan lebih bertahan kepada perusahaan
  5. Memenuhi peraturan yang berlaku
  6. Sebagai pengendalian dari biaya produksi.

Jenis-Jenis Kompensasi

Diatas kita sudah membahas tentang pengertian kompensasi dan tujuannya. Sekarang akan sedikit membahas tentang jenis dari kompensasi. Jenis kompensasi dibagi menjadi tiga. Berikut ini penjelasannya.

  1. Kompensasi finansial tidak langsung berarti pemberian upah yang bentuknya seperti asuransi kesehatan, pensiun, asuransi jiwa, asuransi tenaga kerja dan lainnya. Biaya diluar jam kerja juga termasuk dalam jenis ini. Seperti cuti tahunan, cuti hamil, libur hari besar. Dan berbentuk fasilitas seperti ruang kantor, kendaraan, tempat parkir, rumah dinas dan lainnya.
  2. Kompensasi financial langsung berarti bayaran pokok yang diterima oleh karyawan. Termasuk dalam bayaran insentif berubah bonus, pembagian laba dan lainnya. Selain itu bayaran tertangguh, seperti anuitas pembelian saham dan program tahunan.
  3. Kompensasi non financial yang berupa lingkungan kerja yang sehat, pekerjaan yang menantang dan lainnya.

Dalam sebuah perusahaan, kompensasi harus diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Karyawan memberikan jasanya dan perusahaan memberikan imbalan berupa kompensasi. Sekian artikel tentang pengertian kompensasi. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: