Pengertian Kimia dan Cabang-Cabang Ilmu Kimia

Pengertian kimia ialah salah satu cabang ilmu yang mempelajari atau mengkaji mengenai struktur, komposisi, sifat dan juga materi yang dihitung dari skala atom hingga pada skala molekul. Selain itu pelajaran kimia juga mempelajari mengenai kaitannya dengan transformasi atau perubahan serta juga interaksi yang sering ditemukan dalam kejadian sehari-hari manusia.

Selain itu, cabang ilmu kimia juga mempelajari kaitannya dengan interaksi dan juga sifat atom individu yang bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan. Kimia sendiri juga merupakan suatu mata pelajaran yang sudah mulai diajarkan sejak tingkat SMP.

Cabang-cabang Ilmu Kimia

Setelah kita mengetahui mengenai pengertian kimia secara singkat, hal yang selanjutnya bisa anda ketahui kaitannya dengan kimia ialah mengenai cabang-cabang ilmu kimi. Jika berbicara mengenai ilmu kimia, ilmu ini tergolong dalam cabang ilmu yang cukup banyak materi dan juga cukup kompleks. Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam mempelajari ilmu ini, ada beberapa cabang-cabang ilmu yang bisa anda ketahui. Adapun cabang-cabang tersebut dibedakan menjadi berikut.

Cabang ilmu kimia yang pertama ialah cabang ilmu kimia fisika. Cabang ilmu kimia fisika ini merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang mengkaji lebih jauh mengenai perubahan zat kimia, struktur dan juga sifatnya. Cabang ilmu ini juga mempelajari mengenai perubahan energy yang terjadi pada proses perubahan kimia tersebut. Selain kimia fisika, cabang ilmu kimia yang lain ialah kimia organic yang mana cabang ilmu merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari baik pembentukan dan struktur senyawa karbon dan juga mempelajari reaksi yang terlibat dari proses tersebut dan juga membahas mengenai ikatan antar atom.

Selain kedua cabang ilmu kimia tersebut, ada juga cabang kimia anorganik yang membahas lebih lanjut mengenai kaitannya dengan senyawa kimia termasuk membahas sifat dari senyawa tersebut dan juga pembentuk senyawa tersebut. Selain cabang-cabang ilmu tersebut, ada juga beberapa cabang tersebut, ada juga cabang lain yang tidak kami bahas secara lebih lanjut dalam artikel pengertian kimia ini.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: