Pengertian Keterampilan Dan Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seseorang

Keterampilan biasanya sering kali diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengerjakan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan. Beberapa ahli mengutarakan pendapatnya mengenai pengertian keterampilan ini. Berikut ini akan kami tampilkan dan kami ulas mengenai beberapa definisi dari keterampilan. Simak ulasannya.

Pengertian keterampilan menurut para ahli

Pengertian keterampilan secara umum merupakan kemampuan dan kapasitas yang diperoleh melalui usaha yang disengaja, sistematis, dan berkelanjutan untuk secara lancar dan adaptif melaksanakan aktivitas-aktivitas yang kompleks atau fungsi pekerjaan yang melibatkan ide-ide (keterampilan kognitif), hal-hal (keterampilan teknikal) dan hubungan dengan orang lain (keterampilan interpersonal).

Sedangkan ada tiga ahli yang mengutarakan pendapatnya mengenai pengertian keterampilan ini. Pengertian keterampilan menurut para ahli, adalah:

  1. Menurut Nana Sudjana (1987), keterampilan adalah pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari. Keterampilan ini dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu keterampilan fisik dan keterampilan intelektual.
  2. Menurut Rusyadi yang dikutip oleh Yanto (2005), keterampilan adalah kemampuan seseorang terhadap suatu hal yang meliputi semua tugas-tugas kecakapan, sikap, nilai dan kemengertian yang semuanya dipertimbangkan sebagai sesuatu yang penting untuk menunjang keberhasilannya didalam penyelesaian tugas.
  3. Menurut Muhibin Syah (2006), keterampilan adalah kegiatan yang berhubungan dengan urat syaraf dan otot-otot yang lazimnya tampak dalam kegiatan jasmaniah.

Sekarang ini, keterampilan menjadi hal yang sangat penting terutama bagi seseorang yang ingin mencari pekerjaan. Beragam keterampilan dan pengalaman kerja juga turut menjadi penilaian tersendiri. Beberapa keterampilan yang biasanya diinginkan oleh perusahaan dan harus dimiliki oleh para pencari kerja adalah sebagai berikut:

  1. Kesadaran komersial, yaitu memiliki naluri bisnis yang tajam.
  2. Komunikasi, baik verbal maupun tertulis.
  3. Kerja tim, Anda diharuskan untuk mengelola dan bisa bertanggung jawab dalam sebuah tim.
  4. Negosiasi dan persuasi.
  5. Memecahkan masalah.
  6. Kepemimpinan.
  7. Organisasi.
  8. Ketekunan serta motivasi.
  9. Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan tetap tenang dalam menghadapi krisis.
  10. Kepercayaan diri.

Itulah berbagai pengertian keterampilan, baik secara umum maupun menurut para ahli. Serta ada beberapa keterampilan yang sebaiknya dimiliki oleh seseorang.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Keterampilan Dan Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Seseorang | Admin | 4.5
%d bloggers like this: