Pengertian Kerajinan dan Macam-macamnya berdasar bahan dasar

Pengertian kerajinan merupakan salah satu nama atau bisa dikatakan sebutan dari sebuah hasil karya yang diciptakan oleh manusia. Sementara itu, kerajinan tersebut berasal dari kata rajin yang bisa diartikan bahwa barang atau benda tersebut dihasilkan dari prakarya manusia.

Jika berbicara mengenai kerajinan. Memang kerajinan tersebut bisa diciptakan dari berbagai bahan dan juga berbagai metode. Dari banyaknya bahan dan juga macam-macam metode yang digunakan dalam kerajinan tersebut, akan tercipta suatu benda seni yang mempunyai nilai artistic yang tinggi bahkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi juga. Jika berbicara mengenai cara atau metode kerajinan memang ada banyak metode kerajinan yang bisa anda ketahui. Namun demikian, metode kerajinan yang paling umum ialah metode tradisional.

Macam-Macam Kerajinan

Setelah anda mengetahui kaitannya dengan definisi Pengertian kerajinan, hal lainnya yang bisa Anda ketahui kaitannya dengan kerajinan ialah macam-macam kerajinan. Jika berbicara mengenai macam-macam kerajinan, kerajinan berdasarkan pada bahannya bisa dibedakan menjadi dua yakni kerajinan yang terbuat dari bahan alami dan kerajinan yang terbuat dari bahan buatan.

Untuk kerajinan yang terbuat dari bahan alami ialah merupakan kerajinan yang mana bahan-bahan dasar yang digunakan dalam kerajinan tersebut merupakan bahan-bahan alami.

Sementara itu, kerajinan yang terbuat dari bahan buatan merupakan salah satu jenis kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan dasar dari bahan buatan. Beberapa bahan-bahan buatan yang sering digunakan untuk membuat kerajinan ialah lilin, sabun, gips, plastik dan bahan-bahan buatan yang lain.

Selain hal tersebut, dalam artikel Pengertian kerajinan ini, saya juga akan memberikan sekilas informasi mengenai kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan lunak. Jika kita berbicara mengenai kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan lunak dan mempunyai nilai seni yang tinggi, kita bisa mengenal banyak hal diantaranya ialah gerabah dan barang-barang yang lain. Untuk bahan lunak yang bisa digunakan sebagai bahan dasar kerajinan sendiri, ada dua jenis perbedaan bahan dasar yakni bahan lunak alami dan bahan lunak tidak alami.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: