Pengertian Kemiskinan Dan Penyebabnya

Pengertian kemiskinan adalah masalah kemanusiaan yang terjadi dalam sebuah masyarakat yang berhubungan dengan masalah kesejahteraan dan upaya penanganannya. Para ahli mendefinisikan kemiskinan berbeda-beda. Kemiskinan berhubungan dengan kesejahteraan dari masyarakat. Garis kemiskinan menjadi tingkat minimum yang didapatkan berdasarkan standar hidup di sebuah negara. Hampir semua negara di dunia ini, pasti memiliki rakyat yang tingkat ekonominya rendah.

Penyebab Kemiskinan

Penyebab kemiskinan di setiap negara berbeda-beda dan banyak sekali jenisnya. Penyebab yang paling utama berhubungan dengan pertumbuhan penduduk di suatu negara.

Peningkatan jumlah penduduk yang terlalu banyak, sedangkan ekonomi masih rendah, membuat kemiskinan semakin meningkat, selain itu disebabkan karena masalah pekerjaan. Proses pencarian kerja yang semakin sulit. Sedangkan orang yang membutuhkan kerja semakin banyak. Ini membuat tingkat pengangguran semakin tinggi dan akhirnya kemiskinan pun meningkat.

Tak hanya itu saja, masih banyak pekerja yang upahnya dibawah standar. Sedangkan kebutuhan semakin meningkat. Ini membuat penghasilan dan pengeluaran tak seimbang. Akhirnya kemiskinan pun meningkat. Pendidikan yang rendah, juga menjadi penyebab kemiskinan di sebuah negara.

Kualitas penduduk dengan pendidikan rendah, sulit untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Bisa juga dari kurangnya perhatian pemerintah, distribusi yang tidak merata dan masih banyak lainnya. Dari sini kita bisa memahami pengertian kemiskinan dengan lebih luas.

Dampak Negatif Kemiskinan

Dampak negatif dari kemiskinan sangat banyak. Dampak yang paling terlihat adalah pengangguran, semakin tinggi tingkat kemiskinan akan semakin tinggi pula tingkat dari pengangguran di suatu negara. Kemiskinan juga membuat tingkat kriminalitas semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang semakin mendesak. Banyak orang yang memilih untuk melakukan tindakan kriminal. Seperti pencurian, pembegalan dan lain sebagainya,

Kemiskinan juga membuat tingkat putus sekolah semakin tinggi. Biaya sekolah yang semakin mahal membuat banyak orang tak mampu untuk membayarnya dan akhirnya putus sekolah.

Dampak lain seperti kesehatan yang sulit dan generasi penerus yang buruk, cara mengatasi kemiskinan tentunya dengan perbaikan fasilitas dan lapangan pekerjaan yang semakin banyak. Sekian artikel tentang pengertian kemiskinan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Kemiskinan Dan Penyebabnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: