Pengertian Kemasan (Package), Fungsi Dan Jenisnya

Pengertian kemasan adalah sebuah desain kreatif untuk mengaitkan struktur, bentuk, citra, warna, tipografi, dan eleman dalamnya sebagai informasi dari sebuah produk dan dapat dipasarkan. Kemasan sendiri fungsinya untuk melindungi, membungkus, mengeluarkan, mengirim. Mengidentifikasi, menyimpan dan membedakan dari sebuah produk di pasar. Jadi semua produk yang akan di pasarkan, harus memiliki kemasan. Dari sinilah bisa tahu pembeda dari setiap produknya dan menjadi ciri khas dari produk tersebut,

Fungsi Kemasan

Dalam pemasaran, kemasan menjadi hal penting. Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus produk saja, tetapi juga memiliki fungsi lainnya. Kemasan memiliki fungsi protektif. Berarti kemasan akan melindungi produk anda. Ketika terjadi saluran distribusi, produk pasti akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dengan adanya kemasan, akan membuat produk tetap aman dan terhindar dari kerusakan. Fungsi yang kedua adalah fungsi promosional yang berarti kemasan digunakan dalam sarana promosi produk. Orang membeli produk pasti akan melihat kemasannya terlebih dahulu.

Tujuan Kemasan

Selain pengertian kemasan dan fungsi kemasan. Anda juga harus tahu apa tujuan dari kemasan. Tujuan kemasan juga banyak sekali, sebagai pelindung produk dari getaran. Suhu, tekanan. Guncangan dan lainnya. Kemasan juga bertujuan untuk melindungi produk dari oksigen atau debu, supaya tetap bersih dan tahan lama. Kemasan juga mempermudah dalam proses pengelompokan, misalnya produk yang kecil bersama dengan yang kecil.

Kemasan juga akan memberikan informasi dari sebuah produk. Dalam kemasan produk pasti ada keterangan mengenai produk tersebut. Kemasan juga menandakan bahwa produk masih asli a atau belum dibuka karena adanya segel, yang paling penting kemasan digunakan untuk pemasaran. Oleh karena itu perusahaan, pada saat membuat kemasan pasti dipikirkan dengan sebaik mungkin.

Tak hanya asal dalam membuat kemasan, ada banyak faktor yang harus dipikirkan. Hal ini juga disesuaikan dengan bentuk dari produknya. Jenis kemasan ada yang sekali pakai, ada yang berulang kali bisa dipakai dan ada yang tidak dibuang. Dengan memahami hal ini, anda bisa lebih mudah memahami tentang pengertian kemasan itu sendiri.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Kemasan (Package), Fungsi Dan Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: