Pengertian Keluarga, Bentuk Dan Fungsinya

Pengertian keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan orang-orang yang tinggal bersama didalamnya. Dalam keluarga harus terdiri dari ayah, ibu dan anak. Nanti keluarga akan membuat keturunan dan membentuk keluarga yang lebih besar. Dalam hidup ini kita pasti memiliki keluarga. Tidak ada manusia yang hidup tanpa memiliki keluarga. Kecuali karena suatu kecelakaan atau bencana, sehingga mengakibatkan meninggal dunia.

Fungsi Keluarga

Dalam kehidupan keluarga memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut ini fungsi dari sebuah keluarga:

  1. Keluarga sebagai fungsi sosial
  2. Keluarga berfungsi sebagai pendidikan awal untuk anak
  3. Keluarga berfungsi untuk penanaman dan pendidikan ilmu agama
  4. Keluarga berfungsi untuk memberikan kasih sayang
  5. Berfungsi biologi untuk memperbanyak keturunan
  6. Berfungsi sebagai penyedia ekonomi bagi anggota keluarga

Jenis-Jenis Keluarga

Dimata kita sudah membahas tentang pengertian keluarga dan fungsi dari keluarga. Berikut ini jenis-jenis dari keluarga itu sendiri.

Jenis keluarga inti

Keluarga inti merupakan keluarga yang kedudukannya paling kecil. Terdiri dari ayah, ibu dan anak yang tinggal dalam satu atap. Keluarga ini mengambil peranan yang paling penting. Tingkat kekeluargaan dan pertaliannya lebih besar.

Jenis keluarga Konjugal

Keluarga konjugal adalah keberadaan keluarga yang lebih besar. terdiri dari ayah, ibu, anak dan dilengkapi keluarga dari ayah dan ibu itu sendiri. ada nenek dan kakek.. Jadi cakupan dari keluarga konjugal lebih besar, lebih komplek dan lebih luas. Masyarakat lebih mengenal dengan keluarga besar. di indonesia keberadaan keluarga ini masih sangat dipegang teguh. Semua anggota keluarga masih memiliki ikatan darah

Jenis Keluarga Luas

Untuk keluarga luas ini cakupannya paling luas dan besar. bahkan lebih besar dibandingkan keluarga konjugal. Anggota jenis keluarga ini sudah mencakup paman, sepupu, bini dan lainnya. anggotanya lebih banyak dan luas. Masih dalam lingkup satu kakek atau satu nenek. Bahkan bisa mencapai satu buyut. Terkadang sudah tidak mengenal satu sama lainnya.

Sekian artikel tentang pengertian keluarga, fungsi dan jenisnya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: