Pengertian dan Jenis-Jenis Kelompok/Grup

Pengertian Kelompok atau Group adalah kumpulan orang yang mempunyai kepentingan sama dan mempunyai beberapa landasan interaksi yang sama pula. Mereka diikat oleh serangkaian hubungan sosial yang khas satu sama lain. kelompok dapat berupa kelompok terorganisasi secara ketat dan jangka panjang, namun juga dapat berupa kelompok yang cair dan sementara. Kelompok dapat juga terdiri dari dua orang, tiga orang, maupun empat orang, dan bahkan bisa mencapai puluhan atau ribuan orang.

JENIS-JENIS KELOMPOK

Berdasarkan jumlah anggota, sifat hubungan antar anggota, dan juga tujuannya, kelompok yang ada di dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi :

1. Kelompok primer

Merupakan kelompok yang anggotanya sedikit, meskipun tidak setiap kelompok anggotanya sedikit adalah masuk dalam kategori kelompok primer. Hubungan antar anggota kelompok primer bersifat personal dan mendalam, diwarnai dengan kerjasama yang kental, sering bertatap muka dalam waktu yang lama sehingga terbangun keterlibatan perasaan yang mendalam pula.

2. Kelompok sekunder

Merupakan kelompok yang jumlah anggotanya banyak. Hubungan antar anggota bersifat impersonal dan tidak saling kenal secara pribadi, diwarnai kompetisi, dan jarang bertatap muka dalam waktu yang lama sehingga tidak ada sebuah hubungan yang sifatnya emosional. Hubungan dalam kelompok sekunder lebih bersifat fungsional, artinya bukan dilihat dari siapa dia, namun dilihat dari apa kegunannya dalam pencapaian tujuan.

TUJUAN BERKELOMPOK

Dalam kelompok primer, tujuan berkelompok adalah untuk membangun hubungan personal. Meskipun terkadang muncul konflik, namun masing-masing anggota akan menunjukkan perhatian yang tulus terhadap kesejahteraan sesama anggotanya.

Maka dari itu hubungan dalam kelompok primer bersifat intim, personal, informal, dan total. Sedangkan tujuan berkelompok sebuah kelompok sekunder adalah untuk mencapai tujuan tertentu sehingga kelompok berperan sebagai sarana, bukan lagi tujuan.

KELOMPOK BERDASAR CARA PANDANG

Berdasarkan cara pandang seseorang terhadap berbagai kelompok yang ada di masyarakat, maka kelompok dibedakan menjadi :

1. Kelompok In group

Kelompok dimana seseorang merasa menjadi anggotanya dan mengharap pengakuan, kesetiaan, serta pertolongan.

2. Kelompok Out group

Kelompok dimana seseorang merasa bukanlah bagian dari anggotanya dan akan menunjukkan permusuhan, kompetisi damai, atau merasa berbeda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: