Pengertian Kelincahan, Manfaat Serta Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Kelincahan

Anda pasti pernah kan menonton film yang menampilkan aksi bela diri? Pasti Anda kagum kan dengan penampilan para pemainnya yang menampilkan kelincahan mereka dalam gerakan bela diri. Kelincahan itu merupakan salah satu faktor yang menentukan kebugaran jasmani seseorang. Sebenarnya apa sih pengertian kelincahan? Selain pengertian dari kelincahan, Anda juga perlu tau manfaat dari kelincahan serta bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan. Simak ulasannya.

Pengertian dari kelincahan

Pengertian kelincahan secara umum adalah kemampuan seseorang untuk mengubah arah gerak secara cepat tanpa kehilangan keseimbangan. Menurut Suharno (1992), kelincahan adalah suatu kemampuan seseorang untuk mengubah arah dan posisi sesuai dengan situasi yang dikehendaki atau dihadapi dengan cara secepat mungkin.

Sedangkan menurut Harsono (1993), pengertian kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah posisi dan arah tubuh dengan cepat secara tepat waktu ketika sedang bergerak tanpa kehilangan keseimbangan maupun kesadaran akan posisi tubuhnya.

Kelincahan atau agility merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang. Selain kelincahan, faktor lain yang mempengaruhi kebugaran seseorang adalah kekuatan atau strenght, daya tahan atau endurance, kecepatan atau speed, kelenturan atau flexibility dan daya ledak atau power.

Ada beragam manfaat yang didapatkan oleh seseorang terkait dengan kelincahan yang dia miliki, yaitu:

  1. Mempermudah untuk menguasai Teknik-teknik tinggi.
  2. Mempermudah orientasi terhadap lawan.
  3. Mempermudah orientasi terhadap lingkungan.
  4. Mengkoordinasikan gerakan-gerakan berganda atau stimulasi.

Untuk mendapatkan dan meningkatkan kelincahan tubuh kita, kita juga bisa melakukan beragam kegiatan atau melakukan latihan yang memang dimaksudkan untuk meningkatkan kelincahan tersebut. Bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah sebagai berikut:

  1. Latihan mengubah arah gerak tubuh (shuttle run).
  2. Latihan lari berbelok-belok atau zig zag.
  3. Latihan mengubah posisi tubuh atau squat thrust. Dilakukan dengan cara mengubah posisi tubuh, jongkok – berdiri berulang-ulang.
  4. Latihan kelincahan gerakan bereaksi, seperti berlari ke arah depan, belakang, kanan atau kiri sesuai dengan arahan dari peluit.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kelincahan, manfaat dari kelincahan serta bentuk-bentuk latihan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kelincahan tubuh.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Kelincahan, Manfaat Serta Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Kelincahan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: